Communication Strategy of Homeroom Teachers In Growing Learning Motivation of Fifth Grade Students In Darussalam Gontor Modern Islamic Institution

Adil Pratama Nusantara, Andi (2018) Communication Strategy of Homeroom Teachers In Growing Learning Motivation of Fifth Grade Students In Darussalam Gontor Modern Islamic Institution. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Ana Rahmawati Fiks 1 .pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesrkripsikan serta menjelaskanstrategi komunikasi wali kelas dalam menumbuhkan motivasi belajar santri kelas lima di Pondok Modern darussalam Gontor. Hal ini mengacu padalatar belakang mengenai peran penting wali kelas lima untuk menumbuhkanmotivasi belajar, dipilihnya kelas lima sebagai objek karena kelas siswalima di Gontor setara dengan kelas dua SMA diluar, yang mana idealnya mereka sudah dapat mengetahui dan juga mengidentifikasikan strategiuntuk belajar. Fenomena yang terjadi pada kelas lima di Gontor adalah mereka menghadapi beberapa beberapa permasalahan yang kompleks, seperti menjadi pengurus asrama, pengurus organisasi pelajar dan juga mengendalikan beberapa acara besar di Gontor, sehingga berimbas pada rendahnya nilai siswa kelas lima dietiap tahunnya. Padahal seharusnya siswa kelas lima dapat menjadi contoh dan juga teladan yang baik bagi siswa kelas satu sampai empat dalam belajar. Penelitian ini disusun dengan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan cara melakukan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan mengamati iklim belajar kelas lima bersama wali kelas, melakukan studi dokumentasi dan juga mengadakan wawancara. Adapun hasil daripada penelitian ini adalah wali kelas lima di Gontor telah banyak menerapkan strategi motivasi seperti, reward, pemberian pujian, punishment dan juga pengkondisian situasi dan juga momen yang tepat dalam melancarkan motivasi. Lebih dari itu wali kelas lima juga berusaha mengenali siswa-siswa mereka dengan pendekatan secara kelompok dan juga personal. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Wali kelas, Motivasi Belajar, Gontor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Humaniora UNIDA Gontor > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:29
Last Modified: 04 Nov 2020 14:29
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item