PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAKAN PASIEN DI RUMAH SAKIT BERSERTIFIKAT HALAL DENGAN YANG BELUM BERSERTIFIKAT HALAL

Zulfa Azizah, Arina (2019) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN MAKAN PASIEN DI RUMAH SAKIT BERSERTIFIKAT HALAL DENGAN YANG BELUM BERSERTIFIKAT HALAL. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Arina Zulfa Azizah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk keragaman produk, kualitas produk, kualitas layanan, fasilitas yang memuaskan, lokasi, harga dan label halal. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan makan pasien di rumah sakit bersertifikat halal dengan yang belum bersertifikat halal. Metode: Metode penelitian termasuk studi komparatif dengan sampel independen menggunakan desain cross-sectional yang dilakukan pada 134 responden (67 responden di Rumah Sakit Islam Sultan Agung dan 67 responden di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah). Penelitian dilakukan pada target sempel yaitu semua pasien yang menjalani perawatan di ruang perawatan Kelas II dan III. Analisis menggunakan uji Mann Whitney. Penilaian kepuasan pasien dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil: Tingkat kepuasan pasien dalam penyelenggaraan makanan di Hospital Certified Halal (HCH), menunjukkan 50,7% responden puas dan 49,3% responden merasa sangat puas sedangakan pada penyelenggaraan makanan di Non Certified Hospital (NCH) 100 % responden puas dengan penyelenggaraan makananan di NCH. Kesimpulan: Ada perbedaan tingkat kepuasan makan pasien di rumah sakit bersertifikat halal dengan yang belum bersertifikat halal halal be p-value <0,005. Kata kunci: makan kepuasan pasien, sertifikat halal rumah sakit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:31
Last Modified: 04 Nov 2020 14:31
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item