THE INFLUENCE OF MUDHARABAH FINANCING TOWARD THE IMPROVEMENTS OF MICRO SMALL MEDIUM ENTERPRISES WELFARE, MEMBER OF BMT TUMANG BOYOLALI BRANCHES.

Aulia Yunita, Lily (2019) THE INFLUENCE OF MUDHARABAH FINANCING TOWARD THE IMPROVEMENTS OF MICRO SMALL MEDIUM ENTERPRISES WELFARE, MEMBER OF BMT TUMANG BOYOLALI BRANCHES. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
lily FIX.pdf

Download (10MB)

Abstract

UMKM adalah salah satu contoh bentuk usaha yang mempengaruhi perkembangan perekonomian di Indonesia. Dengan pertumbuhan dan perkembangan perekonomian yang adil dan makmur akan mewujudkan rakyat yang sejahtera. Inilah yang diharapkan oleh seluruh manusia terutama dalam pemenuhan kesejahteraan dunia dan akhirat (umat Islam). Akan tetapi, perkembangan UMKM di tanah air mengalami dua hambatan utama, yakni kesulitan modal dan pemasaran. Kedua hambatan ini selain memperlambat usaha, juga dapat mematikan UMKM. Untuk itu dalam mengatasi masalah permodalan pada usaha pemberdayaan masyarakat khususnya usaha kecil dibutuhkan lembaga keuangan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, tanpa prosedur yang rumit dan tidak memberlakukan bunga sebagai alat memperoleh profit. BMT merupakan salah satu lembaga keuangan mikro Islam di Indonesia. Pembiayaan mudharabah adalah salah satu produk pembiayaan Baitul Tamwil yang merupakan pembiayaan berdasarkan kaidah syariah dan dibentuk oleh sebuah kerja sama antara pemilik modal dengan pengelola modal, dimana mudharib memberikan kepercayaan kepada pihak BMT untuk memanfaatkan dana yang dapat digunakan untuk pembiayaan secara produktif. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah di BMT Tumang cabang Boyolali, Boyolali Jawa Tengah. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pembiayaan mudharabah terhadap peningkatan kesejahteraan UMKM anggota BMT Tumang cabang Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan total sampling atau sampel penuh dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 30 responden. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui jawaban kuesioner yang sudah diisi oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang mengambil pembiayaan mudharabah di BMT Tumang cabang Boyolali. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh jawaban pada penelitian ini diperoleh dari uji regresi linear dan uji asumsi klasik. Variabel Independenya adalah pembiayaan mudharabah sedangkan variabel dependenya adalah peningkatan kesejahteraan UMKM anggota BMT Tumang cabang Boyolali. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari hasil uji t menunjukan nilai Sig. > 0,05 ( 0,567 > 0,05) dan thitung< tabel (0,579<2.04841) yang artinya variabel independen secara parsial tidak berpengaruh terhadap variabel dependen. Dari uji tersebut dapat disimpulkan bahwa pembiayaan mudharabah sebagai variabel independen tidak berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan UMKM sebagai variabel independen. Maka dari penelitian ini kepada pihak BMT diharapkan untuk lebih memperluas pemasaran dan mengawal usaha para UMKM pada pebiayaan mudharabah. Kata Kunci: Pembiayaan mudharabah, BMT, UMKM, kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 22:16
Last Modified: 04 Nov 2020 22:16
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item