Penyusunan Media Gambar Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor Ponorogo.

Kherurrozikin.S,, Ahmad (2019) Penyusunan Media Gambar Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor Ponorogo. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Ahmad Ozi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Arab sebagai Bahasa komunikasi dan pengajaran, terutama pelajaran dirasah islamiah. Untuk itu diharapkan bagai mahasiswa untuk menguasai empat keterampilan Bahasa terutama keterampilan berbicara yang digunakan utnuk berkomunikasi diantara mereka. Untuk keefektivan pembelajaran dan pengajaran Bahasa Arab Universitas Darussalam Gontor mendirikan Pusat Bahasa untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan dan mengembangkan Bahasa Arab. Pusat Bahasa terdapat program asrama Bahasa yaitu asrama yang dikhususkan untuk siswa yang berkeinginan untuk meningkatkan empat kemampuan Bahasa. Adapaun peserta dari program Asrama Bahasa ini adalah berasal dari Siswa Non-KMI. Untuk itu tingkatan mereka dalam Bahasa masih dalam tahap pemula terutama dalam keterampilan berbicara, disebabkan karena siswa masih lemah dan kesulitan dalam menyusun kalimat ataupun mengunggkapkan apa yang ada dalam pikirannya, selain itu belum adanya dalam diri siswa keterampilan Bahasa Arab. Masalah yang kedua, guru belum mempunyai metode khusus dalam mengajarkan maharatul kalam untuk siswa sakan araby, sehingga menyebabkan pembelajaran tidak efektiv. terlepas dari permasalahan ini,, peneliti menggunakan alat bantu gambar untuk meningkatkan keterampilan Berbicara siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor. Penelitian ini mencoba menjawab dua petayaan yaitu: “Bagaimana penyusunan media alat bantu gambar dalam peningkatan keterampilan berbicara pada siswa Sakan Araby universitas Darussalam Gontor ? Sejauh mana efektivitas penggunaan media alat bantu gambar dalam peningkatan ketrampilan berbicara Siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan langkahlangkah penggunaan gambar dalam peningkatan ketrampilan berbicara dan menunjukkan efektivitas penggunaan gambar dalam peningkatan ketrampilan berbicara di kalangan siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini tercapai melalui penghitungan hasil perolehan rata-rata yang diperoleh oleh siswa dari pre-test dan posttest, dan menganalisa data menggunakan program uji t dengan menggunakan rumus t-test. Hasil yang terpenting dari penelitian ini adalah: a. Bagaimana gambaran penggunaan alat bantu gambar dalam meningkatkan ketrampilan berbicara b. Adanya pengaruh Penggunaan alat bantu gambar yang signifikan dalam meningkatkan ketrampilan berbicara siswa, dilihat dari perolehan rata--rata sebelum dan sesudah menggunakan alat media gambar, dapat dilihat perbedaan yang signifikan antara perolehan rata-rata Sebelum menggunakan alat media pengajaran gambar rata-rata nilai siswa Sakan Araby 5. kemudian setelah menggunakan media Alat bantu berupa gambar, rata-rata nilai yang didapatkan siswa sakan Araby 8. perolehan ini menegaskan bahwa penggunaan gambar untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa Sakan Araby Universitas Darussalam Gontor efektif. Kemudian nilai rata-rata siswa sakan araby sebelum menggunakan media gambar 5, sedangkan setelahnya digunakan media gambar nilai rata-rata siswa naik menjadi 8, ini artinya penggunaan alat media gambar efektif. Dari sini, peneliti mencoba mengajukan beberapa usulan, diantara: a. Melakukan penelitian dan studi untuk mengetahui efektifitas Penggunaan gambar dalam peningkatan ketrampilan bahasa lainnya di kalangan siswa menengah pertama, dan strata pendidikan lain, b. Melakukan penelitian dan studi untuk mengetahui pengaruh gambar dalam mengingat dan menafsirkan pelajaran yang sudah sediakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 14:54
Last Modified: 04 Nov 2020 15:12
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item