Desain Media Pembelajaran Materi Balaghoh dengan Program Lectora Inspire bagi Santriwati Kelas 3 Intensif (Kuliyyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyyah) Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2.

Gustiana, Aulia (2019) Desain Media Pembelajaran Materi Balaghoh dengan Program Lectora Inspire bagi Santriwati Kelas 3 Intensif (Kuliyyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyyah) Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
AULIA FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembeajaran, Pelajaran Baaghoh, Program Lectora Inspire Bahasa Arab di era pra-Islam terhadap sastra dalam puisi dan prosa mencapai tigkat kemajuan, yang memiliki perbedaan tingkatan pada uslub-uslub serta aturan-aturannya, dan tingkatan ini disebut dengan ilmu Balaghoh. Aturan-aturan pada ilmu Balaghoh ada tiga, yaitu Ilmu ma’any, Ilmu Bayan, dan Ilmu Badi’. Kurikulum di Pondok Modern Darussalam Gontor pada pelajaran Balaghoh pertama Ilmu Bayan, Ilmu Ma’any, Ilmu Badi’. Siswi kelas 3 Intensif Kuliyyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyyah merupakan awal pengajaran pelajaran Balaghoh pada Ilmu Bayan, untuk mendorong atau memotivasi anak dalam belajaran bahasa Arab, dan tujuan tingkat bahasa Pondok Modern Darussalam Gontor yaitu untuk memunculkan minat dan kemauan anak dalam belajar bahasa Arab dan belajar Ilmu Bayan dan pemakaian ekspresi bahasa. Adapun kecenderungan siswi dan kemampuan mereka dalam belajar Balaghoh, peneliti mendapatkan bahwa nilai ujian tertulis rendah, karena siswi menghadapi beberapa masalah dalam pembelajaran mereka, yakni mereka merasakan kesulitan belajar dan kebosanan, yang mengarahkan pada keinginan mereka dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memutuskan untuk mendesain media pembelajaran menggunakan program Lectora Inspire, untuk menambahkan minat siswa kelas 3 Intensif dalam belajar pelajaran Balaghoh. Tujuan penelitian adalah: Pertama, menjelaskan spesifikasi desain media pembelajaran untuk pelajaran Balaghoh dengan menggunakan Lectora Inspire pada siswi kelas 3 Intensif (Kuliyyatu-l-Mu’allimat Al-Islamiyyah) di Pondok Darussalam Gontor Putri Kampus 2. Dan kedua, menjelaskan efektivitas media pembelajaran yang telah di desain dalam peningkatan kemauan belajar siswi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Adapun untuk menganalisis data, peneliti menggunakan rumus T-test untuk mengetahui efektifitas media yang dikembangkan dalam meningkatkan minat santriwati kelas dua KMI terhadap materi Balaghoh. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Media pembelajaran menggunakan program Lectora Inspire yang terdiri dari: Background atau sampul program, pendahuluan, tujuan pelajaran, judul-judul pelajaran Balaghoh, tujuan umum dan tujuan khusus judul maeri, contoh-contoh, aturan atau qoidah, soal-soal pelajaran Balaghoh, daftar pustaka. Peneliti menggunakan gambar kartun yang sesuai, suara, warna-warna yang menarik, dan bermacam-macam soal untuk meningkatkan minat belajar dan memotivasi anak serta menarik perhatian anak. 2) Media yang didesain cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar santriwati dalam pelajaran Balaghoh, yang dapat diketahui dari hasil penghitungan bahwa nilai ((t)) yaitu 15,477 lebih besar dari nilai ((t)) yaitu 1,69, sehingga hipotesis nihil ditolak. Dengan ini peneliti berharap akan ada selanjutnya yang membahas tentang pengembangan atau desain media pembelajaran lain dan dalam materi yang sama ataupun berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Meskipun didalam penelitian ini masih banyak hal yang perlu diperbaiki, peneliti berharap agar penelitian ini dapat memberikan manfa’at yang sebesar-besarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 15:19
Last Modified: 04 Nov 2020 15:19
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item