Pengaruh Program Pembelajaran Kitab Turost terhadap Ketrampilan Menulis Siswa Kelas 6 Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran 14361437-

Abdurrohman, . (2019) Pengaruh Program Pembelajaran Kitab Turost terhadap Ketrampilan Menulis Siswa Kelas 6 Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Ajaran 14361437-. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Abdurrohman fiks.pdf

Download (1MB)

Abstract

Santri kelas 6 merupakan santri senior di Pondok Modern Darussalam Gontor, yang telah dibekali kaidah bahasa Arab seperti Nahwu dan Shorf serta Balaghoh. Oleh karena itu, untuk mengetahui kadar kemampuan bahasa Arab yang telah mereka pelajari selama 5 atau 6 tahun, maka diadakan program pembelajaran kitab turots atau biasa disebut di Gontor dengan Fathul Kutub. Dalam program pembelajaran kitab turots atau Fathul Kutub sendiri mencakup empat ketrampilan atau kecakapan bahasa Arab yang empat yaitu, kemampuan mendengarkan, kemampuan berbicara, kemampuan membaca dan kemampuan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui;(1) Bagaimana kemampuan santri kelas 6 dalam program Fathul Kutub (2) Sejauhmana kemampuan santri kelas 6 dalam ketrampilan menulis (3) Apakah berpengaruh atau tidak berpengaruh program pembelajaran kitab turots atau Fathul Kutub terhadap ketrampilan menulis santri kelas 6 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor tahun ajaran 1436-1437. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif yang menjadikan santri kelas 6 KMI yang berjumlah 783 santri sebagai populasi dari penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 25% yaitu 198 santri, yang ditentukan dengan teknik Satisfied Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data dan metode tes, sedang metode analisis menggunakan IBM SPSS 16.0 (Statistical Package for The Social Sciences). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat ditarik kesimpulan bahwa; (1) Nilai program pembelajaran kitab turots atau Fathul Kutub santri kelas 6 adalah baik yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 7.67, (2) Nilai kemampuan menulis santri kelas 6 adalah cukup yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 5.86, (3) Terdapat pengaruh yang sedang antara Program pembelajaran kitab turots terhadap ketrampilan menulis santri kelas 6 KMI yang ditentukan dengan hasil uji t, peneliti memperoleh hasil t hitung sebesar 3.542 lebih besar dari t table pada signifikansi 0.05 yaitu 1.972 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengaruh program pembelajaran kitab klasik atau Fathul Kutub berpengaruh terhadap peningkatan ketrampilan menulis santri. Nilai koefisien dan t hitung positif berarti pengaruhnya positif, yaitu jika nilai dalam program pembelajaran kitab klasik atau Fathul Kutub naik, akan meningkatkan ketrampilan menulis santri. Berdasarkan penelitian tersebut diharapkan: (1) Direktur KMI meningkatkan program pembelajaran kitab klasik bagi santri kelas 6 KMI. (2) Guru-guru khususnya wali kelas agar memperbanyak latihan menulis kepada para santri kelas 6 khususnya dan semua santri pada umumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 22:33
Last Modified: 04 Nov 2020 22:33
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item