UPAYA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI MAN 1 MADIUN JAWA TIMUR TAHUN PELAJARAN 20182019- M

BASHORI, AHMAD (2019) UPAYA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI MAN 1 MADIUN JAWA TIMUR TAHUN PELAJARAN 20182019- M. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
ahmad bashori fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan sebuah lembaga pendidikan dimanapun lokasinya sangat dipengaruhi oleh mutu dan profesionalisme kepala sekolah dalam memimpin terutama memimpin personil sekolah, baik pendidik maupun tenaga kependidikan. Untuk mewujudkan itu semua, Kepala sekolah harus mempunyai peran inovasi yang bermutu dalam mengelola seluruh personil sekolah agar kompetensi dan potensi-potensi yang mereka miliki dapat berkembang. Adapun tujuan dari penulisan sekripsi ini adalah: (1) mengetahui bagaimanakah upaya Kepala sekolah sebagai inovator dalam meningkatkan kreativitas guru di MAN 1 Madiun. (2) mengetahui faktor apa sajakah yang mendukung upaya kepala sekolah sebagai innovator dalam meningkatkan kreativitas guru di MAN 1 Madiun. (3) mengetahui faktor apa sajakah yang menghambat upaya kepala sekolah sebagai innovator dalam meningkatkan kreativitas guru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi (documentation). Adapun dalam analisis data, menggunakan analisi data kualitatif deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Upaya Kepala Sekolah Sebagai Inovator dalam Meningkatkan Kreativitas Guru MAN 1 Madiun yaitu: (a). Memberikan peluang kepada para guru untuk meningkatkan kreasinya (b). Memberikan reward kepada guru yang berprestasi (c). Menempatkan diri guru sesuai dengan potensinya (d). Mengikutkan guru dalam seminar dan pelatihan (e). Memberikan ruang yang cukup bagi guru untuk mengembangkan dirinya melalui MGMP (f). Memaksimalkan kinerja PKG (penilaian kinerja guru). 2). Faktor Pendukung Upaya Kepala Sekolah Sebagai Inovator dalam Meningkatkan Kreativitas Guru MAN 1 Madiun yaitu: (a). Kepala sekolah yang profesional, (b). Tertanamnya budaya bersaing pada setiap diri guru. 3). Faktor Penghambat Upaya Kepala Sekolah Sebagai Inovator dalam Meningkatkan Kreativitas Guru MAN 1 Madiun yaitu: (a). Motivasi diri sebagaian guru yang kurang (b). Kemampuan pada setiap guru yang berbeda-beda (c) Terbatasnya sarana dan Prasarana. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah agar senantiasa meningkatkan dirinya dalam segala aspek agar mudah merealisasikan setiap kegiatan yang telah kepala sekolah susun, tentunya dalam meningkatkan kualitas guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 22:48
Last Modified: 04 Nov 2020 22:48
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item