Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran Materi PAI di MTs Negeri I Ponorogo tahun Ajaran 20182019-

Anggi Hidayat, Mohammad (2019) Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran Materi PAI di MTs Negeri I Ponorogo tahun Ajaran 20182019-. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
anggi fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan keAgamaan merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnya tentang ajaran Agama Islam. Dengan demikian, materi pendidikan Agama tidak hanya menjadi pengetahuan, tetapi juga dapat membentuk sikap dan kepribadian peserta didik sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, apalagi pada saat-saat seperti sekarang yang muncul gejala terjadinya pergeseran nilai-nilai yang ada sebagai akibat majunya ilmu pengetahuan dan teknologi. maka setiap negara wajib menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas pendidikan Agama. Akan tetapi realitanya belum demikian, persoalan yang muncul adalah mutu pendidikan Agama pada sekolah masih bervariatif antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi sekolah, guru, orang tua, siswa, maupun lingkungan. Secara umum, mutu pendidikan Agama belum memenuhi harapan, karena ada beberapa indikasi seperti kemampuan membaca Al-Qur’an dan kemampuan beribadah yang masih kurang, Belum lagi dilihat dari ketercapaian/target kurikulum dengan perolehan nilai yang belum mencapai KKM. Untuk mengatasi problem tersebut guru harus meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam di sekolah, sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan Agama Islam di Indonesia. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam di sekolah yaitu guru PAI diminta untuk mempunyai kreativitas dalam proses pembelajaran, yakni dengan menciptakan suasana yang baru dan lebih menarik pada setiap kegiatan pembelajaran di kelas. Di antaranya dengan kreatifitas guru dalam memilih dan mengembangkan metode, media, serta sumber belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mengetahui kreativitas Guru PAI dalam menggunakan metode pembelajaran, (2) Mengetahui kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran (3) Mengetahui kreativitas guru PAI dalam menggunakan sumber belajar di MTs Negeri 1 Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapat data yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran serta menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data diantaranya memperpanjang keikutsertaan, ketekunan dan pengamatan. Hasil penelitian: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode yaitu dengan menerapkan metode yang bervariasi dan tepat dalam pembelajaran. Penggunaan metode yang bervariasi bertujuan agar proses pembelajaran lebih menarik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu metode juga harus disesuaikan dengan materi pelajaran, kondisi, minat, dan kemampuan siswa. (2) Guru kreatif dalam menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi pelajaran. Guru juga mengembangkan media dengan mencari dan mengeksplorasi media pembelajaran selain yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah. (3) Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar yaitu guru memanfaatkan sumber belajar yang ada di kelas maupun di luar kelas, bahkan di luar sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan kepada seluruh jajaran guru MTs Negeri 1 Ponorogo lebih aktif mengadakan berbagai pelatihan untuk menunjang dan mempertahankan kreativias guru dalam menggunakan metode, Serta kepada guru PAI agar mencoba menerapkan metode dan strategi mengajar materi yang baru dan modern guna meningkatkan proses pengajaran, kepada siswa-siswa agar memperhatikan dan lebih semangat dalam belajar dan agar memanfaatkan media serta sumber belajar yang pihak sekolah sediakan. Kata kunci: Kreatifitas Guru, Kualitas pengajaran, Metode.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 04 Nov 2020 23:12
Last Modified: 04 Nov 2020 23:12
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item