PENGARUH METODE MODELING DENGAN TEMAN PADA PEMBELAJARAN KHOT KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1438-1439H/2017-2018M

Sholeh, Sani’ah (2018) PENGARUH METODE MODELING DENGAN TEMAN PADA PEMBELAJARAN KHOT KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1438-1439H/2017-2018M. PENGARUH METODE MODELING DENGAN TEMAN PADA PEMBELAJARAN KHOT KELAS 1 PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 1 MANTINGAN NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 1438-1439H/2017-2018M. pp. 1-108.

[img] Text
Sani'ah skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebuah tulisan biasanya menggambarkan karakter dari setiap individu, selain itu tulisan juga merupakan suatu seni. Dimana dari sebuah tulisan itulah setiap orang akan mendapatkan banyak pengetahuan dan berbagai hal lainnya. Begitu halnya dengan khot yang merupakan asas seseorang untuk mempelajari bahasa Arab, dimana khot menjadi salah satu bentuk dari kecakapan bahasa Arab yang kita ketahui. Dalam mempelajarinya kita membutuhkan suatu metode yang pantas untuk menghidupkan suasana dan proses belajar mengajar pada suatu bidang pendidikan. Metode modeling merupakan salah satu metode modern yang biasanya digunakan oleh seorang pendidik dengan bantuan peserta didiknya yang dianggap mampu untuk membantu peserta didik lainnya dalam meningkatkan prestasi mereka. Tujuan yang diharapka oleh peneliti dari penelitian ini tidak lain adalah untuk (1)Mengetahui kemampuan menulis Arab pada pembelajaran khot untuk kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun ajaran 1438- 1439H. (2)Mengetahui penerapan metode modeling dengan teman pada pembelajaran khot untuk kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun ajaran 1438-1439H. (3)Mengetahui pengaruh teman pada pembelajaran khot dengan menerapkan metode modeling untuk kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun ajaran 1438-1439H. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan bentuk eksperimen only post-test, dimana peneliti membagi sampel yang ada menjadi 2 yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun populasi yang diambil adalah santriwati kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun ajaran1438-1439H yang berjumlah orang, dengan 168 orang yang diambil menjadi sample peneliti yang ditentukan dengan cara stratified random sampling pada tingkat kesalahan 10%. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan test soal tertulis dan dokumentasi, sedangkan metode pengelolahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus statistik ” t” Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1)Kemampuan menulis Arab santriwati kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun ajaran 1438-1439H pada pelajaran khot mereka membaik dan meningkat. (2)Penerapan metode modeling dengan teman membantu mereka dalam meningkatkan prestasi belajar mereka khususnya pada pelajaran khot.(3)Teman memiliki pengaruh yang cukup baik pada pembelajaran khot dengan menggunakan metode modeling khususnya untuk santriwati kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur tahun ajaran 1438-1439H. Semua terbukti dengan melihat table product moment dengan df =200 pada taraf 5% = 1,97 dimana nilai 8,794 lebih besar nilai yang tertera pada tabel. Berdasarkan penelitian ini, peneliti berharap kepada semua pengampu mata pelajaran khot untuk menerapkan metode modeling dengan teman untuk meningkatkan prestasi dan kemampuan santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi Jawa Timur.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:16
Last Modified: 05 Nov 2020 02:16
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item