مقارنة نتيجة تعليم اللغة العربية لطالبة فصل الثاين الثانوية بكتاب دروس اللغة العربية وكتاب العربية للناشئني يف معهد احتاد األمة )PERSIS )بباجنيل العام الدراسي 1440-1441ه

Anisah, Nabilah (2019) مقارنة نتيجة تعليم اللغة العربية لطالبة فصل الثاين الثانوية بكتاب دروس اللغة العربية وكتاب العربية للناشئني يف معهد احتاد األمة )PERSIS )بباجنيل العام الدراسي 1440-1441ه. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Nabila.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pondok pcsantrcn persatuan islam atau biasa disebut PERSIS Bangil sangat memperhatikan sckali dengan bahasa Arab dan Pembelajarannya. Bahasa Arab ialah suatu perantara untuk mcncapai suatu tujuan sebuah pcndidikan di pondok ini.dan tujuan umum dari pcmbclajaran bahasa Arab dipondok ini ialah untuk mcningkatkan kcmampuan berbahasa dalam pengajaran bahasa. Schingga mampu menguasai pengetahuan dan kcmampuan dalam mcnggunakan bahasa Arab. untuk membentuk kcmampuan siswi dalam mcmahami Al-Qur'an Karim, buku-buku hadist dan buku-buku agama yang mcnggunakan bahasa. Pcsantrcn PERSIS menggunalcan salah satu buku pcmbclajaran bahsa Arab, yaitu buku Arabiyah Li-n-Naasyiliin dcngan mcnggunakan buku Durusu-l-Lughah dari hal tersebut maka pencliti ingin meneliti Pcrbandingan Pcmbelajaran Bahasa Arab mcnggunakan buku Durusu-I-Lughah Al-Arabiyah dan buku Arabiyah Li-n-Naasyiin tcrhadap kelas dua dipcsantren PERSIS. Dan Tujuan dari pcnclitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil pcmbelajran bahasa Arab mcnggunakan buku Arabiyah Li-n-Naasyi'in (2) Untuk Mengetahui hasil pembelajaran Bahasa Arab menggunalcan buku Durusu-l-Lughah Al-Arabiyah (3) Mengetahui perbandingan hasil pembelajaran bahasa Arab menggunalcan buku Durusu-I-Lughah Al-Arabiyah dan buku Arabiyah Li-n-Naasyi'in tcrhadap kclas dua dipesantren PERSIS Scsungguhnya penclitian ini adalah pcnclitian lapangan yang bcrbasis Kuantitatif, Peneliti mengambil semua Populasi dikarcnakan populasinya kurang dari 100, dan pencliti menggunalcan penclitian Elcsperimen, dan berbagai Rumus yang ada didalamnya. Hasil Dari pcnelitian ini adalah : 1) hasil rata- rata dari pembelajaran bahasa Arab menggunalcan buku Arabiyah Li-n-Naasyi'in dalam Pre-Test adalah 3,3. Dan rata-rata dalam Post-Thst adalah 3,56. Dan disini ada pcningkatan yaitu 0,26. 2) sedangkan hasil rata-rata dari_pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Durusu-I-Lughah scbagai bcrikut, Pre-Test 1,96 dan hasil dari Post-Test adalah 4,48. Dan dari sini terlihat bahwa adanya perbandingan yang sangat besar dengan perbandingan 2,52. 3)dan diketahui bahwa dari hasil test Statistik untuk kelas elcsperimen adalah 0,000. Dan nilai ini adalah lebih kccil dari 0,05 maka hasil dari hipotesis nol diterima bahwa "terdapat perbandingan hasil pcmbelajaran bahasa arab dalam kelas asperimen dan kclas Kontrol dikarcnakan hasil test lebih kecil dari 0,05" Maka dari sini pcncliti bcrharap kcpada scluruh pcngajar bahasa Arab untuk mcmperhatikan cara pcmbclajaran bahasa yang baik agar mcnghasilkan kcsulcscsan dalam pcmbclajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:43
Last Modified: 05 Nov 2020 02:43
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item