طريقة تعليم القرآن للطلاب العمياء بالمدرسة الثانوية ذوي الاحتياجات الخاصة سوركارتا جاوى الوسطى السنة الدراسية A 2018-2017

Rizqi Rahmawati, Anisa (2018) طريقة تعليم القرآن للطلاب العمياء بالمدرسة الثانوية ذوي الاحتياجات الخاصة سوركارتا جاوى الوسطى السنة الدراسية A 2018-2017. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
LPP_Anisa Rizqi Rahmawati_PAI8_Mantingan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap orang. Sebagaimana dijelaskan dalam agama islam bahwa menuntut ilmu adalah wajib dan merupakan hak bagi setiap insan, baik itu menuntut ilmu agama atau ilmu lainya. Belajar Al Quran merupakan salah satu pembelajaran yang terkandung dalam agama islam, karena Al Quran merupakan sumber dari segala hal dan wajib untuk dipelajari oleh semua orang, baik itu kaya, miskin, tua, muda, orang cacat, ataupun orang normal. Peserta didik tunanetra adalah peserta didik yang mempunyai kekurangan dalam penglihatan, karena kekuranganya dalam penglihatan mengakibatkan mereka mempunyai hambatan dalam belajar. Peserta didik tunanetra tidak mampu untuk belajar seperti halnya peserta didik secara umum maka mereka membutuhkan metode khusus untuk memudahkan mereka dalam memahami materi, oleh karena itu peneliti ingin mengambil judul “Pembelajaran Al Quran pada Peserta Didik Tunanetra di SMPLB A YKAB Surakarta Tahun Ajaran 2017-2018”.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menegetahui penerapan pembelajaran Al Quran pada peserta didik tunanetra di SMPLB YKAB Surakarta tahun ajaran 2017-2018. 2) Mengetahui faktor penghambat dalam pembelajaran AL Quran pada peserta didik tunanetra di SMPLB YKAB Surakarta 2017-2018. 3) Mengetahui faktor pendukung dalam pembelajaran Al Quran pada peserta didik tunanetra di SMPLB YKAB Surakarta tahun ajaran 2017-2018. Peneliitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan: 1) Teknik observasi dengan mengadakan pengamatan terhadap pembelajaran Al Quran. 2) Teknik wawancara dengan guru yang mengajar Al Quran. 3)Teknik dokumentasi dengan mendapatkan berkas-berkas dari materi yang digunakan dalam pembelajaran Al Quran yang menggunakan metode pembelajaran dengan tepat dan dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al Quran. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode Miles dan Hubermain yang mencangkup tiga langkah dalam penelitian, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: a) Penerapan pembelajaran Al Quran pada peserta didik tunanetra di SMPLB YKAB Surakarta menggunakan metode simaah, ceramah, demonstrasi, tanya jawab, latihan. b) Hambatan dalam penerapan pembelajaran Al Quran pada peserta didik tunanetra di SMPLB YKAB Surakarta adalah: 1) Dengan metode simaah peserta didik tidak mau membaca Al Quran di depan guru karena kurangnya percaya diri. 2) Dengan metode ceramah peserta didik tunanetra kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru karena keterbatasan mereka dalam melihat menyebabkan kurangnya daya tangkap dalam peserta didik. 3) Dengan metode demonstrasi peserta didik belum mampu dalam untuk mengikuti pelajaran yang disampaikan karena peserta didik tunanetra hanya mengandalkan pendengaran dalam pembelajaran. 4) Dengan metode tanya jawab peserta didik belum mampu untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan guru karena kurang memperhatikan ketika pelajaran. 5) Dengan metode latihan peserta didik belum mampu untuk membaca Al Quran dengan lancar karena beberapa peserta didik tunanetra di sekolah ini pindahan dari sekolah lain. c) Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran Al Quran pada peserta didik tunanetra adalah: 1) Dengan metode simaah guru memberikan semangat kepada peserta didik yang tidak mau untuk membaca Al Quran dan memberikan hadiah kepada peserta didik yang membaca Al Quran didepan guru. 2) Dengan metode ceramah guru menyelingi metode ceramah dengan permainan. 3) Dengan metode demonstrasi guru harus jelas dalam memberikan contoh, karena peserta didik hanya mengandalkan pendengaran. 4) Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan kembali pelajaran satu persatu. 5) Dengan metode latihan guru mengadakan kegiatan di luar kelas dalam pembelajaran ALQuran.Dari hasil penelitian, peneliti berharap kepada 1) Guru PAI di SMPLB A YKAB Surakarta untuk meningkatan pembelajaran dengan metode latihan agar peserta didik mempunyai kebiasaan untuk membaca Al Quran 2) Guru- guru di SMPLB YKAB untuk menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan hambatan peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:35
Last Modified: 05 Nov 2020 03:35
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item