THE ROLE OF GUIDANCE AND COUNSELING TEACHER IN ESTABLISHING STUDENT’S CHARACTER EDUCATION THROUGH THE APPLICATION OF SOCIODRAMA METHOD IN STATE RELIGIOUS HIGH SCHOOL 3 NGAWI PERIOD 2018-2019

Novie Budiyati, Eka (2019) THE ROLE OF GUIDANCE AND COUNSELING TEACHER IN ESTABLISHING STUDENT’S CHARACTER EDUCATION THROUGH THE APPLICATION OF SOCIODRAMA METHOD IN STATE RELIGIOUS HIGH SCHOOL 3 NGAWI PERIOD 2018-2019. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Novie.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiap anak akan tumbuh dengan berbagai karakter yang dia miliki. dan karakter yang dimilikinya akan terbentuk dari suatu lingkungan sekitarnya seperti keluarga, sekolah dan masyarakat. disekolah pendidikan karakter akan selalu ditumbuhkan guna membentuk karakter anak untuk menjadi yang lebih baik. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Ngawi terletak di kota kecamatan Mantingan, tepatnya ditepi jalan raya yang mana masuk ke dalam perbatasan provinsi jawa timur paling barat dengan wilayah kabupaten sragen jawa tengah. Disini, peneliti ingin mengetahui bagaimanakah peran guru bimbingan dan konseling di madrasah aliyah negeri 3 ngawi, bagaimanakah penerapan pendidikan karakter di madrasah aliyah negeri 3 ngawi, dan bagaimanakah peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk pendidikan karakter siswa melalui penerapan metode sosiodrama di Madrasah Aliyah Negeri 3 Ngawi Periode 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriftif dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah (1) teknik observasi yang mana untuk mengamati secara langsung karakter peserta didik saat proses pembelajaran didalam kelas dan kegiatan sehari-hari, (2) teknik wawancara yang mana untuk mewawancarai guru BK (bimbingan dan konseling), wali kelas, dan peserta didik, (3) teknik dokumentasi yang mana untuk mendapatkan data-data mengenai gambaran umum dari MAN 3 ngawi. (4) teknik angket hanya untuk sebagai data tambahan yang mana guna untuk mengetahui perubahan karakter peserta didik dari sebelum dan sesudah belajar bimbingan dan konseling. Melalui hasil penelitian ditemukan bahwasannya: (1) Perang guru bimbingan dan konseling di madrasah aliyah negeri 3 ngawi : Sebagai layanan bimbingan informasi. (2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter di madrasah aliyah negeri 3 ngawi: Melalui pembelajaran bimbingan dan konseling. (3) Peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk pendidikan karakter siswa melalui penerapan metode sosiodrama: Menetapkan tema, memilih metode sosiodrama dari metode lainnya, memilih waktu saat menggunakan metode sosiodrama, memberikan peran yang membekas disetiap peserta didik, cara menggunakan metode sosiodrama di dalam dan diluar kelas, mengetahui masalah dan kendala saat peserta didik memerankan peranannya serta menyikapinya, dan memantau perubahan karakter anak setelah menggunakan metode sosiodrama. Adapun saran: Sekolah harus menciptakan lingkungan belajar yang nyaman untuk mendukung proses belajar mengajar bagi para guru, diharapkan selalu memperhatikan prestasi belajar siswa,bagi orang tua diharapkan untuk selalu menjaga kehidupan sehari-hari anak-anak mereka, dan Kepada siswa untuk lebih meningkatkan konsentrasi dan motivasi dalam belajar. Keyword : Guru bimbingan dan konseling, Metode sosiodrama, MA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:38
Last Modified: 05 Nov 2020 03:38
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item View Item