STUDI HADIST RASULULLAH SAW MENGENAI SAYAP LALAT (Musca domestica) SEBAGAI PENETRALISASI MINUMAN YANG TERKONTAMINASI MIKROBA

Claresta, Ivena (2020) STUDI HADIST RASULULLAH SAW MENGENAI SAYAP LALAT (Musca domestica) SEBAGAI PENETRALISASI MINUMAN YANG TERKONTAMINASI MIKROBA. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
ivena watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang : Lalat merupakan vektor penyebaran penyakit dari tempat kotor ke dalam makanan ataupun minuman melalui anggota tubuh seperti, rambut pada kaki, badan, sayap dan mulut. Hal ini didukung dengan kemampuan produksinya yang tinggi, jarak terbang yang jauh, dan daya tahan terhadap agen penyakit. Padahal seiring perkembangan zaman, lalat mulai dikembangkan menjadi antibiotik yang bermanfaat dalam penyembuhan berbagai macam penyakit. Diketahui bahwa pada sayap lalat ditemukan senyawa Bakteriofag dan Actinomycetes yang berfungsi melisiskan bakteri penyebab penyakit. Tujuan : Mengetahui penggunaan sayap kanan dan sayap kiri lalat dalam menetralisasi minuman yang terkontaminasi mikroba. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan metode rancangan acak lengkap (RAL). Sampel berupa air minum steril yang dikontaminasi oleh bakteri Escherichia coli dengan penambahan sayap kanan dan sayap kiri lalat. Media yang digunakan adalah Eosin Methylene Blue Agar yang diamati setiap 12 jam selama 48 jam. Pengambilan data dilakukan dengan mengamati pertumbuhan koloni menggunakan colony counter. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA dan uji Spearmen dengan level signifikan <0,05. Hasil Penelitian: Tidak terjadi pertumbuhan pada minuman yang terkontaminasi mikroba dengan penambahan sayap kanan lalat. Sebaliknya perlakuan yang diberi sayap kiri lalat menunjukkan terjadi perkembangan mikroba selama inkubasi 48 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 09:20
Last Modified: 05 Nov 2020 09:20
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item