‫املدرسة‬ ‫يف‬ ‫الثانية‬ ‫السنة‬ ‫طالبة‬ ‫األخالق‬ ‫تكوين‬ ‫يف‬ ‫الفصول‬ ‫وليات‬ ‫دور‬ ‫جومبانغ‬ ‫روجوسو‬ ‫فيتوروجنان‬ ‫دارالعلوم‬ ‫الزائدة‬ ‫الثانوية‬ ‫م‬ ‫‪2018‬‬ ‫–‬ ‫‪2017‬‬ ‫الدراسي‬ ‫العام‬

Dwi Wahyuningati, Laila (2020) ‫املدرسة‬ ‫يف‬ ‫الثانية‬ ‫السنة‬ ‫طالبة‬ ‫األخالق‬ ‫تكوين‬ ‫يف‬ ‫الفصول‬ ‫وليات‬ ‫دور‬ ‫جومبانغ‬ ‫روجوسو‬ ‫فيتوروجنان‬ ‫دارالعلوم‬ ‫الزائدة‬ ‫الثانوية‬ ‫م‬ ‫‪2018‬‬ ‫–‬ ‫‪2017‬‬ ‫الدراسي‬ ‫العام‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
LPP_Laila Dwi_PAI8_Mantingan_Fix_Halaman Kosong 6 watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan akhlak dalam Islam , bukan hanya menanamkan nilai - nilai moral saja bahkan nilai - nilai ketaatan kepada Tuhan juga sudah dididik sejak dini . Serta mengembalikan semua fikiran kehendak dan perilaku sesuai dengan fitrahnya . Pendidikan akhlak juga sangat diperhatikan bahkan menjadi tujuan dari pendidikan nasional di Indonesia sebagaimana tertulis dalam UU no .20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional . Di Indonesia pendidikan akhlak diterapkan di sekolah - sekolah . Wali kelas sebagai guru bertanggung jawab dalam pembentukan akhlak anak didik . Setiap siswa tidak selamanya mempunyai akhlak yang baik , sebagian mereka juga melakukan hal - hal yang menyimpang dari peraturan - peraturan sekolah . Dan karena siswi kelas 2 ini pada masa peralihan , maka perlu bimbingan dari wali kelas sebagai guru yang terdekat . Maka wali kelas sangat dibutuhkan oleh siswa dalam pembentukan akhlak . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) peran wali kelas sebagai penasehat dalam membentuk akhlak siswa kelas 2 Mts Plus Darululum . 2) peran walikelas sebagai pengawas dalam membentuk akhlak siswi kelas 2 Mts Plus Darululum . 3) peran wali sebagai evaluator dalam membentuk akhlak siswi kelas 2 Mts Plus Darululum . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan : 1) Teknik Wawancara , digunakan untuk mewancarai kepala sekolah , wali kelas 2 dan beberapa siswa kelas 2. 2) Teknik Observasi , untuk mengamati program dalam pembentukan akhlak . 3) Teknik Dokumentasi , digunakan untuk mendapatkan data - data tersebut , peneliti mengunakan metode dari Miles dan Huberman yang dibagi menjadi 3 tahapan , yaitu reduksi data , penyajian data , dan penarikan kesimpulan . Dari data analisis , telah ditemukan bahwasannya wali kelas berperan penting sebagai 1) Penasehat dalam membentuk akhlak anak kelas 2 Mts Plus Darululum . 2) pengawas dalam membentuk akhlak kelas 2 Mts Plus Darululum . 3) Evaluator dalam membentuk akhlak kelas 2 Mts Plus Darululum . Pada akhirnya penulis menyarankan kepada : 1) Kepala Sekolah Mts Plus Darululum agar mengadakan sosialisasi tentang tugas - tugas wali kelas dan agar memperhatikan siswa / i dalam pembentukan akhlak . 2) Kepada wali kelas agar memberikan nasehat dan suri tauladan yang baik kepada siswa / i . 3) kepada seluruh siswa / i agar aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan dalam sekolah dan peraturan sekolah .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 12:41
Last Modified: 05 Nov 2020 12:41
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item