PERBEDAAN MEDIA SLIDE DAN BOOKLET MENGENAI PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG (PUGS) DAN JAJANAN SEHAT TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PELAJAR MAN TEMPURSARI NGAWI

Masitha, Nurul (2018) PERBEDAAN MEDIA SLIDE DAN BOOKLET MENGENAI PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG (PUGS) DAN JAJANAN SEHAT TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PELAJAR MAN TEMPURSARI NGAWI. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
nurul.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Pemilihan makanan yang tidak tepat serta perilaku gizi yang tidak seimbang dapat menimbulkan berbagai permasalahan gizi, hal tersebut dapat disebabkan oleh kurangnya informasi yang didapat dan akan mempengaruhi pengetahuan dan sikap para pelajar mengenai praktik gizi seimbang. Media booklet dan media slide sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk memberikan informasi terkait gizi seimbang dan jajanan sehat. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan media slide dan booklet terhadap pengetahuan dan sikap pelajar Metode : Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dengan pre-post test group design. Jumlah subjek sebanyak 63 yang dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu kelompok A diberikan edukasi gizi dengan media slide (n=21) dan kelompok B diberikan edukasi dengan media booklet (n=21), serta kelompok C tanpa media (n=21), masing-masing dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan. Data pengetahuan dan sikap gizi diperoleh dari pengisian kuesioner sebelum dan setelah edukasi. Perbedaan edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap pada ketiga kelompok diuji menggunakan uji Wilcoxon, uji Kruskall Wallis, dan dilanjutkan dengan uji post-hoct Mann-Whitney. Hasil : Selisih pre- post test pengetahuan media booklet sebesar 14,29 dan selisih pre-post test pengetahuan media slide sebesar 21,9, serta selisih pre-post test sikap media booklet sebesar 2,33 dan selisih pre-post test sikap kelompok control sebesar 1,86. Kesimpulan : Terdapat perbedaan peningkatan pengetahaun terhadap kelompok penelitian menggunakan media slide dan media booklet dengan nilai p=0,000 (<0,05), Tidak Terdapat perbedaan peningkatan sikap terhadap kelompok penelitian menggunakan media slide dan media booklet dengan nilai p=0,448 (>0,05). Kata Kunci : Booklet, Pelajar, Sikap, Slide.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 15:23
Last Modified: 05 Nov 2020 15:23
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item