طريقة تعليم درس المطالعة للناطقين بغير العربية وأسلوبها (دراسة تحليلية وصفية في طريقة تعليم المطالعة بكلية المعلمين الإسلامية معهد دار السلام كونتور)

Hendra Wibawa, Sandy (2019) طريقة تعليم درس المطالعة للناطقين بغير العربية وأسلوبها (دراسة تحليلية وصفية في طريقة تعليم المطالعة بكلية المعلمين الإسلامية معهد دار السلام كونتور). Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Sandy Hendra FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahasa adalah suatu lafal yang dengannya semua orang bisa mengekspresikan tujuan dan menjadi sarana berkomunikasi dalam hidup mereka. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa paling terkenal di seluruh dunia dan merupakan bahasa internasional modern yang mulai diajarkan kepada masyarakat non Arab di awal abad ketujuh belas. Salah satu dari keterampilan dalam bahasa adalah keterampilan membaca. Pembelajar bahasa asing harus memiliki keterampilan membaca sebagai keterampilan dasar, karena dengan membaca, setiap orang bisa menggali berbagai macam pengetahuan dari apa yang telah mereka baca berupa buku-buku berbahasa asing. Dalam kasusnya, siswa mengalami masalah dalam meningkatkan keterampilan berbicara, bukan karena kelemahan mereka, tetapi karena keterbatasan kesempatan mereka untuk berlatih secara lisan atau merasa bahwa kebutuhan mereka untuk latihan berbahasa sedikit dan tidak dapat diprediksikan. Dalam hal ini, keterampilan membaca menjadi keterampilan bahasa alternatif, sehingga menjadi perlu diajarkan. Melalui masalah-masalah ini, peneliti ingin mengetahui metode pengajaran dan tekniknya yang sesuai dalam pelajaran Al-Muthala‘ah (membaca), terutama untuk orang-orang non-Arab berdasarkan metodologi yang digunakan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) melalui studi analitik deskriptif.Penelitian ini juga merupakan penelitian lapangan kualitatif. Peneliti mengumpulkan fakta-fakta berupa hasil observasi pengajaran Al-Muthala‘ah di PMDG beserta data lainnya. Setelah peneliti selesai mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, peneliti melakukan analisis dengan membandingkannya dengan teori-teori yang ditemukan selama penelitiannya. Salah satu hasil dari penelitian ini, yaitu metode yang digunakan oleh PMDG untuk mengajarkan pelajaran Al-Muthala‘ah di semua tahapan atau kelasnya adalah Metode Selektif (Eclectic Method), dan metode selektif adalah metode yang menggabungkan aspek positif dari metode-metode pengajaran yang ada.Peneliti menemukan bahwa metode yang digunakan sama dengan langkah-langkah pengajaran Herbart yang dimulai dengan pendahuluan, diikuti dengan presentasi, penghubungan, interpolasi dan kesimpulan dari aplikasi. Peneliti mengakui bahwa ia tidak mencapai tingkat kesempurnaan dan ilmiah dari orang-orang yang melihat, dan meminta pembaca untuk mengetahui bahwa metode yang digunakan untuk mengajar membaca adalah cara selektif, yang merupakan kombinasi dari aspek positif dari metode pengajaran lainnya, bukan hanya metode langsung atau metode membaca. Pada saat ini, pengajaran bahasa Arab telah berkembang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh guru.Kata kunci: Al-Muthala‘ah, Metode Pengajaran, Teknik Pengajaran, dan Non Arab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 22:00
Last Modified: 05 Nov 2020 22:00
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item View Item