لترقية كفائة التعلم في درس الإنشاء لطالبات الفصل الثالث (Strip Story)تنفيذ إستراتيجية الحكاية المسلسلة F بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثالث العام الدراسي 1440-1441

Nur Azizah, Septi (2019) لترقية كفائة التعلم في درس الإنشاء لطالبات الفصل الثالث (Strip Story)تنفيذ إستراتيجية الحكاية المسلسلة F بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للبنات الحرم الثالث العام الدراسي 1440-1441. Diploma thesis, University of Darussalam Gontor.

[img] Text
Septi nur azizah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya penurunan hasil prestasi belajar siswi kelas 3 pada Ujian Pertengahan Tahun, tahun ajaran 1439-1440 H di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3, peneliti mengetahui bahwa 53% dari siswi belum mencapai standar kelulusan nilai materi Insya’. Berangkat dari masalah tersebut, peneliti melakukan observasi selama 3 kali proses belajar mengajar materi Insya’ dikelas 3F, terlihat siswi kurang termotivasi selama proses pembelajaran berlangsung, baik dari segi kesemangatan, kamauan, keaktifan maupun kepercayaan diri, hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan satu metode selama pengajarannya, sehingga mengikabatkan kurangnya motivasi yang tertanam dalam diri siswi. Salah satu cara yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan Hasil prestasi belajar dan motivasi belajar siswi ialah dengan menggunakan strategi pembelajaran Strip Story yang disertai media potongan kertas berupa cerita pendek, salah satu kelebihannya adalah dapat menciptakan suasana kelas yang aktif serta dapat mengikuti pelajaran secara baik dan dapat meningkatkan hasil prestasi belajar.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) Memaparkan peningkatkan hasil prestasi belajar menggunakan strategi Strip Story pada mata pelajaran Insya’ kelas 3F Kuliyatu-l-mu’allimat Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 1440-1441 H. 2) Memaparkan peningkatkan motivasi belajar menggunakan strategi Strip Story pada mata pelajaran Insya’ kelas 3F Kuliyatu-l-mu’allimat Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 1440-1441 H. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif yang diterapkan di kelas 3F dengan jumlah siswi 34 di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 tahun ajaran 1440-1441 H. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Adapun hasil penelitian ini, menunjukan bahwa 1) Setiap pelaksanaan siklus mengalami peningkatan dalam prestasi belajar, antara lain pada (siklus I) 82, 4 %, pada (siklus II) 93, 1 %, 2) Peningkatan motivasi belajar siswi pada satu siklus dan tetap stabil di siklus selanjutnya antara lain, (siklus I) 100%, (siklus II) 100%.Dalam hasil pelaksanaan ini, menunjukan bahwa strategi Strip Story mampu meningkatkan Hasil dan motivasi belajar siswi kelas 3F Kulluyatu-l-muallimat Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3, Dengan demikian peneliti berharap (1) Kepada Bapak Direktur Kulliyatu-l-Muallimat agar berkenan untuk mempertimbangkan penerapan strategi ini tidak hanya pada mata pelajaran Insya’, namun pada mata pelajaran lain yang sesuai, (2) Bagi guru untuk menerapkan strategi ini pada proses pembelajaran.(3) Pada peneliti yang akan datang agar dapat dijadikan rujukan dalam penulisan skripsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 05 Nov 2020 22:13
Last Modified: 05 Nov 2020 22:13
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item