STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN: STUDI KASUS DI KELAS TAHFIDZ SMP MA’ARIF 1 PONOROGO TAHUN AJARAN: 2018-2019

Abdillah, Karim (2019) STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN: STUDI KASUS DI KELAS TAHFIDZ SMP MA’ARIF 1 PONOROGO TAHUN AJARAN: 2018-2019. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
karim fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab sempurna yang menjadi pedoman bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu upayanya adalah dengan menghafalnya. Menghafal Kalamullah yang jumlahnya begitu banyak menurut akal sulit untuk dijalani apalagi bagi seseorang siswa. Maka dari itu, SMP Ma’arif 1 Ponorogo membuat strategi untuk memudahkan menghafal Al-Qur’an bagi siswa, khususnya bagi siswa SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisa data-data berupa kalimat atau kata. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus, karena peneliti melihat langsung masalah yang terdapat dalam lokasi dan memperhatikan keadaan yang diteliti. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitain menunjukkan bahwa: (1) Strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa yang diterapkan di SMP Ma’arif 1 Ponorogo adalah “strategi tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang dihafal benar-benar hafal”, (2) Strategi menjaga hafalan dalam menghafal Al-Qur’an bagi siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo yakni melakukan muraja’ah 3 kali dalam sebulan, (3) Faktor pendukung jalannya pelaksanaan strategi menghafal terbagi menjadi 2 faktor yakni faktor internal meliputi niat, kemauan dan tekad, motivasi dari diri sendiri, dan eksternalnya meliputi guru, teman, keluarga, sanksi dan fasilitas yang ada, (4) Faktor penghambat jalannya pelaksanaan strategi menghafal dibagi menjadi 2 faktor yakni faktor internal meliputi kejenuhan guru, kejenuhan murid, rasa bosan, kurangnya minat anak, keterlambatan guru, sedangkan eksternalnya meliputi ayatnya panjang, kurangnya waktu dan masalah keluarga. Hasil penelitian tentang strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. diharapkan masukan ini bisa dijadikan bahan refleksi diri untuk menjadikan SMP Ma’arif lebih baik pada umumnya dan khususnya pada strategi yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an bagi siswa. Adapun saran yang dianjurkan oleh peneliti yakni: (1) Supaya lembaga hendaknya agar berdisiplin dalam menerapkan peraturan, agar tercipta murid yang patuh, (2) Supaya siswa hendaknya lebih bisa menyadari bahwa menghafal Al-Qur’an adalah kebutuhannya, sehingga tidak merasa terbebani dalam kegiatan yang diprogramkan untuk hafalan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 06 Nov 2020 16:42
Last Modified: 06 Nov 2020 16:42
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item