PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS 1 KMI (Penelitian Eksperiment di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum wadda’wah Condong)

Ramadhan, Ilham (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS 1 KMI (Penelitian Eksperiment di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum wadda’wah Condong). Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
ilham fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang mengajarkan pembelajaran al-Qur’an. Pondok ini sangat mengupayakan peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an para muridnya dengan mengajarkan pelajaran al-Qur’an. Oleh karena itu, para pengajarnya sudah menerapkan model pembelajaran khusus dalam proses belajar mengajar. Untuk itu, peneliti berusaha untuk mencari apakah ada pengaruh dari model pembelajaran yang digunakan terhadap kualitas bacaan al-Qur’an siswa. Model pembelajaran tersebut adalah Quantum Teaching berlandaskan hasil penelitian lapangan di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kualitas bacaan al-Qur’an siswa di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong?” Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: Pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kualitas bacaan al-Qur’an siswa di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong setelah diujicobakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperiment (true experiment design) yang mana hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan cara mengajar serta penggunaan metode yang tepat, berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan siswa di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong dalam membaca al-Qur’an dengan baik (tartil). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode tes, dan dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang dikumpulkan, peneliti menggunakan rumus independen sampel t-test. Hasil terpenting dari penelitian ini adalah implementasi atau penerapan model pembelajaran Quantum Teaching memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas bacaan al-Qur’an siswa setelah proses uji coba, Hal ini terbukti berdasarkan kenaikan nilai yang signifikan dari perbandingan selisih nilai posttest antara nilai kelas kontrol 79,7 dan nilai eksperiment 87,76 . Oleh karena itu model pembelajaran Quantum Teaching ini dapat dikatakan mampu memudahkan para guru dalam mengajar siswa dan membantu mencapai tujuan pengajaran membaca al-qur’an yang diharapkan. Dari penelitian ini, peneliti merekomendasikan: 1) Agar para pengajar al-Qur’an memberikan perhatian lebih terhadap kualitas bacaan al-Qur’an. 2) Agar pengajar mengembangkan proses pembelajaran al-qur’an melalui pemanfaatan model pembelajaran yang tepat. 3) Agar pengajar memperbanyak pemberian latihan secara praktis khususnya pada bacaan-bacaan yang sulit. Peneliti juga memberikan saran dengan harapan sebagai berikut: 1) Agar adanya penelitian selanjutnya guna menyempurnakan kekurangan pada hasil penelitian ini. 2) Agar pengajar al-Qur’an bisa mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang cocok dengan keadaan siswa. 3) Agar peneliti selanjutnya merujuk kepada penelitian lainnya dalam pengembangan model pembelajaran seperti Quantum Teaching ini karena kebutuhan pelajar di setiap lembaga pendidikan memiliki kebutuhan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 07 Nov 2020 16:21
Last Modified: 07 Nov 2020 16:21
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item