‫الثانوية‬ ‫ابملدرسة‬ ‫السابع‬ ‫الفصل‬ ‫طالب‬ ‫ألخالق‬ ‫العبودية‬ ‫تعليم‬ ‫أتثري‬ ‫م‬ ‫‪2019-2018‬‬ ‫الدراسي‬ ‫العام‬ ‫جناوى‬ ‫‪10‬‬ ‫اإلسالمية‬

Aulia, Destiyana (2020) ‫الثانوية‬ ‫ابملدرسة‬ ‫السابع‬ ‫الفصل‬ ‫طالب‬ ‫ألخالق‬ ‫العبودية‬ ‫تعليم‬ ‫أتثري‬ ‫م‬ ‫‪2019-2018‬‬ ‫الدراسي‬ ‫العام‬ ‫جناوى‬ ‫‪10‬‬ ‫اإلسالمية‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
Desty.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengajaran adalah bentuk pertolongan bagi siswa untuk menumbuhkan pikiran dan akhlaknya sehingga mencapai akhlak karimah dan untuk mempersiapkan kehidupan yang akan datang. Dan ubudiyah adalah hubungan antara makhluk dan penciptaNya, diantaranya dengan wujud kasih dan sayang, maka dari itulah bentuk ketaatan kepada sang pencipta. Dalam penelitian ini, peneliti memilih MTs Negeri 10 Ngawi dikarenakan di sekolah tersebut siswa mendapatkan pendidikan ubudiyah yang diterapkan oleh sekolah demi menjadikan anak didiknya memiliki akhlak yang baik. Namun, sebagian dari siswanya yang berada disekolah tersebut memiliki akhlak yang rendah terlebih pada siswa kelas 7. Maka dari itu peneliti akan meneliti tentang Pengaruh Pendidikan Ubudiyah dalam Akhlak Siswa di MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018-2019. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui: (1) Nilai Pendidikan ubudiyah yang diterapkan pada siswa kelas 7 MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018-2019. (2) Nilai Akhlak pada siswa kelas 7 MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018-2019. (3) Ada atau tidak adanya pengaruh pendidikan ubudiyah dalam akhlak siswa di MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif, dan penelitian ini menggunakan populasi seluruh kelas 7 untuk mengetahui suatu pengaruh pendidikan ubudiyah dalam akhlak siswa di MTs Negeri 10 Ngawi Tahun Ajaran 2018- 2019. Sedangkan jumlah siswa kelas 7 MTs Negeri 10 sejumlah 195, dan peneliti mengambil sampel 5% yang berjumlah 131 orang dengan menggunakan metode acak. Dan untuk mengetahui hasil dari akhlak dan pendidikan ubudiyah peneliti menggunakan angket yang sudah di uji validitas dan realibilitasnya. Dan dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruhi antara dua veriable tersebut menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan program SPSS. Dan untuk analisisnya peneliti menggunakan rumus regresi yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabel terhadap variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai pendidikan ubudiyah kelas 7 MTs Negeri 10 Ngawi melalui angket dengan rata-rata 99,52 dengan kategori tinggi. (2) Nilai akhlak kelas 7 MTs Negeri 10 Ngawi melalui angket dengan rata-rata sebesar 102,57 dengan kategori tinggi. (3) Adanya pengaruh pendidikan ubudiyah dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Negeri 10 Ngawi dikarenakan diterimanya Ha (Adanya pengaruh antara pendidikan ubudiyah dengan akhlak siswa) dengan t hitung > t tabel , yaitu 65.864 1,937. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan:(1) Bagi guru MTs Negeri 10 Ngawi untuk memperhatikan dan meningkatkan penerapan pendidikan ubudiyah, khususnya dalam pembinaan akhlak siswa. (2) Bagi siswa kelas7 MTs Negeri 10 Ngawi untuk lebih meningkatkan pendidikan ubudiyah sehingga mampu menerapkan akhlak karimah dalam kehidupan sehari-hari. (3) Bagi peneliti diharapkan dapat mengambil banyak pelajaran yang didapatnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 07 Nov 2020 22:41
Last Modified: 07 Nov 2020 22:41
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item