THE INFLUENCE OF DISTRIBUTION STRATEGY ON MADIUN MAKMUR PROGRAM TO INCREASE COMMUNITY INCOME (Study Case at BAZNAS of Madiun City 2017)

Aulia Rahman, Dhi’fa (2020) THE INFLUENCE OF DISTRIBUTION STRATEGY ON MADIUN MAKMUR PROGRAM TO INCREASE COMMUNITY INCOME (Study Case at BAZNAS of Madiun City 2017). Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
difa fix fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan kemiskinan di Indonesia merupakan suatu hal yang sepatutnya harus diperhatikan oleh pemerintah, karena hingga saat ini, pemerintah belum dapat menemukan titik terang untuk keluar dari permasalahan ini. Kemiskinan dapat terjadi karena minimnya pendapatan yang mereka peroleh dari hasil usaha mereka, bahkan mereka tidak memiliki pekerjaan. Guna menyelesaikan permasalahan tersebut, pemerintah memerlukan lembaga beserta programnya yang mampu membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam hal ini Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan salah satu lembaga yang mampu membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah kemiskinan, serta minimnya pendapatan, dengan program-program yang mereka jalankan. Untuk itu, pada penelitian kali ini, peneliti ingin melihat pengaruh program yang dijalankan oleh salah satu lembaga zaka, dalam meningkatkan pendapatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui Sistem Distribusi Program Madiun Makmur yang terdapat di BAZNAS Kota Madiun dan, 2). Untuk menganalisis Pengaruh Program Madiun Makmur yang diterapkan BAZNAS Kota Madiun dalam peningkatan pendapatan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan Variabel Independen (X1) Studi Kelayakan Bisnis, (X2) Penyuluhan, (X3) Pengawasan, (X4) Evaluasi dan Variabel dependen (Y1) Pendapatan Materi dan Variabel (Y2) Pendapatan Non-Materi. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan, variabel (X) berpengaruh terhadap variabel (Y1) sebesar 23% dan variabel (Y2) sebesar 29%. Adapun sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar keempat variabel yang ada. Adapun secara parsial, bahwa dari keempat variabel yang ada yaitu Studi Kelayakan Bisnis (X1), Penyuluhan (X2), Pengawasan (X3), dan Evaluasi (X4), secara parsial tidak ada satupun variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Variabel Pendapatan Materi (Y1), dan hanya ada 2 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Variabel Pendapatan Non Materi (Y2) yaitu variabel (X1) dan (X2). Dengan kata lain terdapat variabel lain yang mungkin berpengaruh terhadap variabel (Y1) dan (Y2).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 07 Nov 2020 22:58
Last Modified: 07 Nov 2020 22:58
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item