‫ترقية‬ ‫يف‬ ‫‪)Media‬‬ ‫‪Graphics‬‬ ‫(‪Charts‬‬ ‫البياين‬ ‫ابلرسم‬ ‫اإلعالمية‬ ‫الوسائل‬ ‫تنفيذ‬ ‫دار‬ ‫معهد‬ ‫‪D‬‬ ‫التكثيفي‬ ‫الثالث‬ ‫الفصل‬ ‫لطالبات‬ ‫البالغة‬ ‫مادة‬ ‫يف‬ ‫التعلم‬ ‫إجناز‬ ‫الدراسي‬ ‫العام‬ ‫احلديثة‬ ‫اإلسالمية‬ ‫للرتبية‬ ‫الثالث‬ ‫احلرم‬ ‫للبنات‬ ‫كونتور‬ ‫السالم‬ ‫‪٢٠١٩-٢٠١٨‬م‬

Septyowati Rosiana Dewi, Dwi (2020) ‫ترقية‬ ‫يف‬ ‫‪)Media‬‬ ‫‪Graphics‬‬ ‫(‪Charts‬‬ ‫البياين‬ ‫ابلرسم‬ ‫اإلعالمية‬ ‫الوسائل‬ ‫تنفيذ‬ ‫دار‬ ‫معهد‬ ‫‪D‬‬ ‫التكثيفي‬ ‫الثالث‬ ‫الفصل‬ ‫لطالبات‬ ‫البالغة‬ ‫مادة‬ ‫يف‬ ‫التعلم‬ ‫إجناز‬ ‫الدراسي‬ ‫العام‬ ‫احلديثة‬ ‫اإلسالمية‬ ‫للرتبية‬ ‫الثالث‬ ‫احلرم‬ ‫للبنات‬ ‫كونتور‬ ‫السالم‬ ‫‪٢٠١٩-٢٠١٨‬م‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
dwi fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ditinjau kepada pembelajaran siswi terhadap materi Balaghoh dalam ilmu Bayan kelas 3 Intensif, beberapa dari siswi menemukan kesulitan dalam membedakan pembagian divisi dan topik judul bahasannya yang mirip satu sama lain, maka materi Balaghoh menjadi materi yang dianggap baru bagi siswi kelas 3 Intensif yang terkadang membuat mereka bingung untuk mempelajarinya, maka dari itu peneliti mencoba menerapkan media pembelajaran berupa bagan buatan guru atau buatan siswi sendiri secara mandiri dalam pembelajaran materi Balaghoh tepatnya siswi KMI kelas 3 Intensif D, yang mana media ini cukup efektif untuk meningkatkan prestasi belajas siswi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yaitu bagan pada materi Balaghoh siswi KMI Kelas 3 Intensif D Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 2018-2019 M. 2) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yaitu bagan pada materi Balaghoh siswi KMI Kelas 3 Intensif D Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3 Tahun Ajaran 2017-2019 M. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakn dipondok modern Darussalam Gontor putri kampus ٣ dengan sampel siswi KMI kelas 3 Intensif D. penelitian terdiri dari 2 siklus yang mencangkup persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kesimpulan dari analisis penelitian bahwa penerapan media grafis bagan efektif untuk meningkatkan pemahaman belajar siswi dan prestasi belajar siswi Pada siklus pertama hasil belajar siswi mencapai 53,13%, lalu mengalami peningkatan pada siklus kedua yaitu 75%. Dengan demikian peneliti berharap kepada segenap dewan guru untk menerapkan media yang sesuai dalam proses belajar, pada mata pelajaran yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 08 Nov 2020 03:35
Last Modified: 08 Nov 2020 03:35
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item