‫اخلامس‬ ‫الفصل‬ ‫لطالبات‬ ‫القيادية‬ ‫الشخصية‬ ‫تكوين‬ ‫يف‬ ‫الكشفية‬ ‫األنشطة‬ ‫تنفيذ‬ ‫احلديثة‬ ‫اإلسالمية‬ ‫للرتبية‬ ‫الثالث‬ ‫احلرم‬ ‫للبنات‬ ‫كونتور‬ ‫دارالسالم‬ ‫مبعهد‬ ‫ه‬ ‫‪1440-1439‬‬ ‫الدراسي‬ ‫العام‬

Jayanti, Dwi (2020) ‫اخلامس‬ ‫الفصل‬ ‫لطالبات‬ ‫القيادية‬ ‫الشخصية‬ ‫تكوين‬ ‫يف‬ ‫الكشفية‬ ‫األنشطة‬ ‫تنفيذ‬ ‫احلديثة‬ ‫اإلسالمية‬ ‫للرتبية‬ ‫الثالث‬ ‫احلرم‬ ‫للبنات‬ ‫كونتور‬ ‫دارالسالم‬ ‫مبعهد‬ ‫ه‬ ‫‪1440-1439‬‬ ‫الدراسي‬ ‫العام‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
dwi jayanti fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3, dengan adanya kegiatan tersebut dapat menciptakan beberapa karakter, salah satunya adalah karakter kepemipinan yang wajib diaplikasikan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Kelas 5 KMI merupakan pembina yang mengatur proses berjalannya kegiatan pramuka. Namun pada kenyataannya melihat kebranian dan kepemimpinan mereka yang sangat menurun maka harus ada tindakan dari Pembimbing Majlis Koordinator Harian untuk mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan kepramukaan untuk meningkatkan karakter kepemimpinan santriwati khususnya kelas 5. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi kegiatan -kegiatan gerakan latihan pramuka dalam pembentukan karakter kepemimpinan untuk kelas 5, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi kegiatan latihan pramuka dalam pembentukan karakter kepemimpinan untuk kelas 5. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini, peneliti menggunakan 3 metode yaitu: metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi 3 langkah: 1) Pengumpulan Data 2) Penyajian Data 3) Kesimpulan. Hasil analisis yang ditemukan oleh peneliti menunjukkan bahwa: 1. Dengan adanya kegiatan-kegiatan latihan pramuka seperti latihan pramuka di hari Kamis, perkemahan Akbar dan upacara dapat menambah keberaniaan kelas 5 dalam karakter kepemimpinan, kedisiplinan serta tanggung jawab pada setiap acara. 2. Salah satu faktor pendukungnya yaitu banyaknya para adika yang sangat semangat dalam mengikuti kegiatan pramuka ini dan faktor penghambatnya yaitu karena latihan pramuka diadakan di hari Kamis siang, maka banyak dari adika yang lelah karena padatnya kegiatan ekstrakulikuler pada hari Kamis. Dari tersebut penelitian memberi saran kepada Majlis Pembimbing Koordinatar Harian untuk lebih mendorong dan memotivasi seluruh pembina gugus depan yaitu kelas 5 agar menjalankan kewajibannya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menyempurnakan dan meneliti lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 08 Nov 2020 03:37
Last Modified: 08 Nov 2020 03:37
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item