Analisis pengaruh keinginan dan kebutuhan terhadap pola konsumsi (Studi Kasus Santriwati akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1)

Isnaini, Binti (2019) Analisis pengaruh keinginan dan kebutuhan terhadap pola konsumsi (Studi Kasus Santriwati akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1). Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
iis fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keinginan dan kebutuhan terhadap pola konsumsi dan pengaruh keinginan dan kebutuhan secara simultan terhadap pola konsumsi. Metode penelitian ini adalah Metode Kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Santriwati akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor putri 1, Metode pengambilan sampelnya menggunakan teknik Probability Sampling dengan cara Simple Random Sampling. pengambilan sampelnya menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan taraf kesalahan siginikansi sebesar 10%. Data yang digunakan adalah data Primer yang didapat langsung dari Santriwati akhir Pondok Modern Darussalam Gontor 1, dan data sekunder bersumber dari buku, penelitian terdahulu, jurnal, dan media cetak yang terkait dengan pembahasan. Metode pengumpulan data menggunakan metode Quesioner, serta dokumentasi. Metode Analisis data menggunakan uji t, uji F, dan uji Regresi Linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel keinginan tidak perpengaruh terhadap pola konsumsi santriwati dintunjukkan dengan t hitung lebih kecil dari t tabel (-0,185 < 1,291), dan variabel Kebutuhan (X2) perpengaruh terhadap pola konsumsi santriwati namun tidak secara signifikan, ditunjukkan dengan hasil t hitung lebih besar dari t tabel (1,699 > 1,291). Hasil uji F menunjukkan bahwa antara kedua variabel X tidak memiliki pengaruh terhadap variabel Y yang ditunjukkan oleh hasil F hitung lebih kecil dari F tabel (1,625< 2,39). Hal ini menunjukkan bahwasannya H0 Diterima dan H1 Ditolak. Uji Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa variabel Keinginan (X1) memiliki nilai -0,021 yang berarti berpengaruh negatif dan variabel kebutuhan (X2) memiliki nilai 0,185 yang berarti bahwa variabel kebutuhan berpengaruh positif terhadap pola konsumsi. Saran dari penelitian ini diharapkan kepada seluruh Santriwati khususnya santriwati akhir untuk meningkatkan pemahaman terkait kebutuhan dan keinginan dalam kegiatan konsumsi serta menekankan kepada wali kelas untuk memberikan pemahaman lebih terkait kegiatan konsumsi terutama dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kata Kunci: Keinginan, Kebutuhan, Pola Konsumsi, Konsumsi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 08 Nov 2020 03:53
Last Modified: 08 Nov 2020 03:53
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item