Search for collections on UNIDA Gontor Repository

PEMBENTUKAN AKHLAK BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB C YPPLB NGAWI TAHUN AJARAN 2018-2019

Fajar Lestarini, Fiky (2019) PEMBENTUKAN AKHLAK BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB C YPPLB NGAWI TAHUN AJARAN 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
FIKY FIX.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FIKY FIX_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text
FIKY FIX_BAB 1.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text
FIKY FIX_BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
FIKY FIX_BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
FIKY FIX_BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
FIKY FIX_BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
FIKY FIX_COVER.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text
FIKY FIX_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
FIKY FIX_HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
FIKY FIX_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang mempunyai kesempurnaan dalam penciptaannya, yaitu yang berakal budi. Maksud berakal budi bahwa manusia memakai akalnya untuk berfikir dan menyikapi segala hal yang ada di dunia ini. Akhlak yang dipunyai dan dimiliki anak normal merupakan hal yang dapat dilakukan secara spontan dan dengan pembentukan secara langsung, berbeda dengan anak tunagrahita yang mengalami hambatan, keterbelakangan fungsi kecerdasan atau intelektual secara signifikan serta dibawah rata-rata orang normal. Sehingga membutuhkan pelayanan khusus agar bisa mengembangkan potensi-potensi, minat serta bakat yang ada pada dirinya secara optimal. Untuk itu perlu diperhatikan mengenai pendidikan yang harus didapat anak tunagrahita dan tugas untuk melaksanakan pengembangan kecakapan fisik, kecerdasan mental dan sosial anak. Anak tunagrahita tidak mampu mempertimbangkan segala sesuatu seperti anak normal lainnya, anak tunagrahita tidak dapat membedakan baik dan buruk, benar dan salah, bahkan aman dan bahaya sekaligus. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui: (1) Metode pembelajaran akhlak bagi siswa tunagrahita di SLB C YPPLB Ngawi, (2) Pelaksanaan pembentukan akhlak bagi siswa tunagrahita di SLB C YPPLB Ngawi, (3) Faktor pendukung dan penghambat pembentukan akhlak bagi siswa tunagrahita di SLB C YPPLB Ngawi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus yang terjadi di SLB C YPPLB Ngawi. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan tiga metode, yaitu: metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa data, penulis menggunakan “analisa model alir” dari Miles dan Huberman yang meliputi tiga langkah, yaitu: pengumpulan data, display/penyajian data, dan kesimpulan. Dari analisis data diketahui bahwa: (1) Metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pelaksanaan pembentukan akhlak antara lain pembelajaran individual, pemberian contoh dan praktek, pengulangan pembelajaran, serta adanya komunikasi antara wali murid dan guru. (2)Sedangkan proses pelaksanaan pembentukan akhlak bagi siswa tunagrahita mempunyai empat tahapan antara lain persiapan, pelaksanaan, dinamika serta pencapaian. (3) Faktor pendukung dalam pembentukan akhlak bagi siswa tunagrahita antara lain keluarga dan lingkungan sekitar rumah anak tunagrahita, faktor penghambat dalam proses pembentukan akhlak bagi siswa tunagrahita antara lain IQ anak tunagrahita di bawah 80°, selalu mengikuti suasana hati atau lebih dikenal dengan istilah mood, sulitnya anak tunagrahita dalam berbicara, dan emosi tidak stabil tak terkendali bagi anak tunagrahita itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran: (1) Kepada guru kelas agar berpegang teguh serta mempertahankan kualitas yang sudah dilakukan selama proses pembelajaran, dan selalu meningkatkan kinerja untuk proses pendidikan yang lebih baik. (2) Kepada orang tua agar lebih mengontrol serta mengajak anaknya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan mengajarkan dari hal-hal yang disukai Allah, dengan cara yang halus pula. (3) Kepada institusi yang bersangkutan agar tahapan- tahapan dalam proses pembentukan akhlak bagi anak tunagrahita dapat digunakan sebagai pegangan dalam mendidik dan mengasuh anak tunagrahita selama di sekolah atau dalam pengawasan guru tersebut, dan selama di luar sekolah dengan pengawasan di bawah orangtua anak tunagrahita. Kata Kunci: akhlak, tunagrahita, pembentukan, karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 08 Nov 2020 04:28
Last Modified: 11 Sep 2023 03:53
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item