‫السنة‬ ‫الطالبات‬ ‫أخالق‬ ‫على‬ ‫الفصول‬ ‫وليات‬ ‫واإلرشاد‬ ‫التوجيه‬ ‫أتثري‬ ‫للبنات‬ ‫كونتور‬ ‫السالم‬ ‫دار‬ ‫مبعهد‬ ‫اإلسالمية‬ ‫املعلمات‬ ‫بكلية‬ ‫األوىل‬ ‫احلديثة‬ ‫اإلسالمية‬ ‫للرتبية‬ ‫األول‬ ‫احلرم‬ ‫ه‪.‬‬ ‫‪1440‬‬ ‫–‬ ‫‪1439‬‬ ‫الدراسي‪:‬‬ ‫العام‬

Kamilatun Nisa, Fathimah (2020) ‫السنة‬ ‫الطالبات‬ ‫أخالق‬ ‫على‬ ‫الفصول‬ ‫وليات‬ ‫واإلرشاد‬ ‫التوجيه‬ ‫أتثري‬ ‫للبنات‬ ‫كونتور‬ ‫السالم‬ ‫دار‬ ‫مبعهد‬ ‫اإلسالمية‬ ‫املعلمات‬ ‫بكلية‬ ‫األوىل‬ ‫احلديثة‬ ‫اإلسالمية‬ ‫للرتبية‬ ‫األول‬ ‫احلرم‬ ‫ه‪.‬‬ ‫‪1440‬‬ ‫–‬ ‫‪1439‬‬ ‫الدراسي‪:‬‬ ‫العام‬. Diploma thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] Text
fatimah fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan aktifitas dimana guru dan murid saling berinteraksi atau berkomunikasi. Wali kelas mempunyai peranan penting dalam aktivitas belajar murid dan perubahan akhlak murid. Salah satu hal yang diberikan wali kelas kepada muridnya yaitu dengan cara bimbingan konseling. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 merupakan suatu lembaga pendidikan yang mencetak generasi kuat dan memiliki akhlak mulia sehingga para murid bisa memecahkan masalah yang dihadapinya dan siap terjun kemasyarakat dengan segala rintangan sehingga tidak menjadi beban. Dengan adanya bimbingan konseling wali kelas terhadap murid dapat menumbuhkan interaksi dan perubahan akhlak murid. Penilitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana Bimbingan dan Konseling khususnya dari wali kelas di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, 2) Bagaimana akhlak santriwati kelas 1 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, 3) Ada atau tidaknya pengaruh Bimbingan Konseling wali kelas terhadap akhlak santriwati kelas 1 Kulliyatu-l-Mu’alliamat Al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Tahun Ajaran 1439-1440 serta sejauh mana pengaruh tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam metode ini peneliti mencari populasi dan sampel dengan rumus simple random sampling dengan populasi berjumlah 481 siswi dan sampel sebanyak 218 siswi. Pengumpulan data menggunakan angket yang sudah di uji validitas dan realibilitasnya. Dan untuk analisisnya peneliti menggunakan rumus regresi yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabel terhadap variabel. Setelah menganalisis didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Nilai Mean untuk Bimbingan Konseling kelas 1 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 yaitu 60,046 dan derajatnya adalah “Tinggi”. 2) Nilai Mean untuk Akhlak siswi kelas 1 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 yaitu 67,376 dengan derajat “Tinggi”. 3) Adanya pengaruh antara Bimbingan Konseling terhadap akhlak santriwati kelas 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 dikarenakan ditolaknya Ho (Adanya pengaruh antara Bimbingan Konseling dengan akhlak santriwati kelas 1) dengan t hitung t tabel , yaitu 126,125 1,157. Berdasarkan hasil dari analisis penulis mengharapkan: 1) Agar pengasuh pondok dan para wali kelas lebih meningkatkan lagi dalam pelaksana Bimbingan Konseling yang mana merupakan salah satu sarana pembentukan akhlak santriwati, khususnya kelas 1. 2) Agar para guru yang mana berperan juga sebagai wali kelas lebih meningkatkan bimbingannya dengan keteladanan karena santriwati akan selalu meniru apa yang dilihatnya. 3) bagi peliti lain hendaknya dapat mengembangkan hasil penelitian selanjutnya yang lebih mendalam dan sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 08 Nov 2020 06:54
Last Modified: 08 Nov 2020 06:54
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item