Strategi Pengembangan Restoran Halal Sebagai Penunjang Hotel Syariah (Studi Kasus Di Unida Gontor Inn, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo)

Agensy, Nurmaydha (2019) Strategi Pengembangan Restoran Halal Sebagai Penunjang Hotel Syariah (Studi Kasus Di Unida Gontor Inn, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo). Strategi Pengembangan Restoran Halal Sebagai Penunjang Hotel Syariah (Studi Kasus Di Unida Gontor Inn, Universitas Darussalam Gontor Ponorogo), 6 (2). pp. 71-82. ISSN ISSN: 2460-9889 (Cetak) ISSN: 2580-3565 (Online)

[img] Text (Jurnal)
Jurnal Dinar UTM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (676kB)
[img] Text (Riviewer Jurnal)
dinar 1-dikonversi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Plagiarism)
Cek Plagiarisme Jurnal Dinar.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pariwisata syariah adalah tren baru pariwisata di dunia. Peluang wisata syariah berpotensi sangat menguntungkan. Pariwisata syariah mengakomodasi banyak industri, seperti makanan halal, restoran halal, dan hotel syariah. Salah satu aspek yang harus dipenuhi dalam sertifikasi hotel syariah adalah restoran bersertifikat halal. UNIDA Gontor Inn adalah salah satu hotel di Ponorogo yang dimiliki oleh Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yang dipersiapkan untuk menjadi hotel syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan restoran hotel menjadi restoran halal sebagai penunjang hotel syariah. Penentuan strategi pengembangan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitin adalah perhitungan AHP diperoleh tingkat prioritas faktor tingkat hasil tertinggi, sistem produksi 0,454, prioritas tujuan tingkat tertinggi adalah sertifikat restoran halal 0,412, strategi alternatif tingkat prioritas adalah bobot tertinggi, penentuan standar kualitas produksi 0,316. Manajemen hotel harus fokus pada penentuan standar kualitas produksi terkait input, proses dan output, termasuk pembelian bahan baku, penerimaan, pemilihan, penyimpanan, pemrosesan, dan penyajian sesuai dengan Sistem Jaminan Halal (SJH) sehingga dapat mendukung sertifikasi restoran halal untuk mendukung hotel syariah, serta menjadi hotel syariah di Ponorogo.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Tryan Arza SAINTEKK3
Date Deposited: 29 Nov 2020 04:14
Last Modified: 02 Dec 2020 06:59
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item