Nur Aini Shofiya Asy'ari, Aini (2018) Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild. LINIMASA Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (2). pp. 52-67. ISSN 2614-0381
FILE TEXT (jurnal: Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild)
3. Peran.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
FILE TEXT (peer review jurnal: Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild)
3. Peer Review Jurnal = Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild.pdf - Published Version Download (936kB) |
|
FILE TEXT (plagiarism check: Peran Kampanye Tematik Iklan A Mild Dalam Membentuk Brand Image Rokok A Mild)
3. Sinta 5_Linimasa.pdf License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Iklan dalam paradigma wacana merupakan model komunikasi yang mengkomunikasikan citra secara maksimum dalam waktu yang minimum dan diharapkan dapat mencapai sasaran dan memberikan keuntungan kepada produsen. Karena pengaruhnya yang sangat besar maka khusus untuk iklan rokok dibatasi ruang geraknya oleh undang-undang No.24 tahun 1997 tentang Penyiaran, Tata Krama serta Tata Cara Periklanan Bab II Poin C butir 7. Hal ini menjadi stimulus bagi produsen iklan rokok untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pesan. Iklan rokok A Mild memilih untuk memproduksi iklan dengan mengangkat fenomena-fenomena yang sedang ramai dibicarakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara thematic campaign iklan A Mild (How Low You Can Go, Others can only follow, Bukan Basa-basi, Tanya Kenapa dan Go A head). Dengan brand image rokok A Mild. Untuk mengetahui pesan iklan A Mild penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dari analisis isi pesan iklan diketahui bahwa iklan A Mild merupakan representasi fenomena social yang sedang terjadi di masyarakat. Iklan A Mild menggunakan kampanye tematik dalam pembuatan iklannya disesuaikan dengan fenomena sosial yang sedang terjadi. Thematic campaign How Low You Can Go dan Others can only follow ditandai dengan hadirnya iklan A Mild dengan kalimat-kalimat yang ditujukan pada para kompetitor produsen rokok low tar low nicotin (LTLN) yang mengikuti langkah A Mild, Thematic campaign Bukan Basa Basi dan Tanya Kenapa merupakan tema kampanye iklan yang bertujuan mengkritisi fenomena sosial yang sedang terjadi, Sementara thematic campaign Go Ahead adalah iklan dengan pesan pada khalayaknya untuk terus berani melangkah ke depan. Thematic campaign iklan A Mild secara keseluruhan ingin membentuk citra konsumen yang cerdas, trend setter, kritis dan berani. Dengan bahasa lain bahwa A Mild lewat iklannya ingin menyampaikan bahwa jika konsumen rokok merasa dirinya cerdas, trendsetter, up to date,berani, kritis maka konsumen tersebut pasti akan memilih A Mild sebagai rokok yang dikonsumsinya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora UNIDA Gontor > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | SR Nur Aini Shofia Asy'ari |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 04:34 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 04:34 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/1174 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |