Journal Article
Published
Kajian Teori Strategi Programming Sydney W. Head pada Program Acara Dakwah ADiTV
Abstract
Televisi memiliki kelebihan dalam memengaruhi khalayak karena keunggulannya sebagai media audio visual.
Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan televisi sebagai sarana hiburan dan sumber informasi
utama. Sebagai media yang jangkauannya luas, dakwah islam akan sangat efektif dilakukan dengan media
televisi. Euforia pertumbuhan stasiun lokal sejak diberlakukannya UU No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran
rupanya menyisakan beberapa permasalahan. Popularitas televisi lokal masih rendah daripada televisi
nasional yang pada akhirnya memaksa stasiun televisi lokal lebih kreatif dalam pengelolannya. Tujuan
penyiaran televisi adalah memengaruhi khalayak, maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana selera
dan kemauan khalayak. Terkait dengan hal tersebut, Sydney W Head mengemukakan lima elemen penting
dalam strategi programming, yaitu compatibility, habit formation, control audience flow, conservation of
program resource dan breadth appeal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teori strategi
programming Sydney W. Head diterapkan pada program acara dakwah ADiTV. Dengan menggunakan
metode kualitatif penelitian ini melakukan analisa terhadap data-data yang dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi programming ADiTV sejalan
dengan teori lima elemen strategi programming Sidney W. Head. Namun yang perlu diperhatikan ADiTV
adalah perlunya dilakukan riset terhadap perilaku khalayak yang cenderung berubah pola akses informasinya.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap praktik pengelolaan program siaran televisi
khusunya program acara dakwah.
Kata-kata Kunci: Strategi programming Sydney W. Head; ADi TV; program dakwah; televisi; penyiaran
Publication Details
JournalProTVF : Jurnal Kajian Televisi dan Film
Volume3 (1)
Pagespp. 1-18
ISSN2549-0087
Item ID1176
Deposited17 Nov 2021 04:39