Damayanti, Amilia Yuni (2020) HUBUNGAN ASUPAN MAKRONUTRIEN DAN UANG SAKU DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR. HUBUNGAN ASUPAN MAKRONUTRIEN DAN UANG SAKU DENGAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR, 5 (1). pp. 57-64. ISSN ISSN 2656-2480 ISSN 2355-1364
FILE TEXT (Jurnal)
6. JURNAL hubungan asupan makro.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (212kB) |
|
FILE TEXT (Reviewer)
6. REVIEWER.pdf Download (1MB) |
|
FILE TEXT (Plagiarism)
6. Cek Plagiasi JURNAL 9 2020.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Asupan makronutrien dapat berpengaruh terhadap kemampuan konsentrasi dan kecerdasan anak yang menerima dan menyerap pengetahuan di sekolah. Makanan sehat berkontribusi untuk anak sekolah dasar, selama waktu sekolah mereka memiliki kesempatan untuk mengkonsumsi makanan jalanan yang tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara asupan protein, lemak, karbohidrat dan uang saku pada status gizi anak usia sekolah dasar. Metode : Desain penelitian menggunakan cross-sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 86 responden yang dipilih menggunakan stratified random sampling. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji gamma. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan p => 0,05, artinya tidak ada hubungan antara asupan protein, asupan lemak dan asupan karbohidrat dengan status gizi, dengan p-value 0,281, 0,695, dan 0,741. Hasil uang saku pada status gizi menunjukkan bahwa p-value 0,002. Sebagai kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara uang saku pada status gizi anak-anak sekolah dasar (p = 0,002). Disarankan agar siswa selalu memperhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi untuk mengamati status gizi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA Gontor > Ilmu Gizi |
Depositing User: | PAK Fakultas Ilmu Kesehatan |
Date Deposited: | 11 Dec 2021 06:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 06:06 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/1309 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |