Journal Article
Published
Dilema Metodologi Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi
Abstract
ABSTRAK
Dilema Pendidikan Agama Islam di masa pandemi Covid-19 layaknya
kompleksitas pendidikan secara umum. Secara pragmatis teknis, indikator
pencapaiannya dapat dinilai dari aspek kognitif saja berdasarkan Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 Tentang
Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Akan tetapi hal ini tidak memenuhi tujuan pendidikan Islam sendiri yaitu menciptakan manusia seutuhnya, meliputi akal, hati, jasmani, ruhani, akhlak dan keterampilan. Tulisan ini bertujuan menemukan cara mewujudkan tujuan pendidikan Islam dalam situasi dilematis. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, disini ditemukan perlunya inovasi dan pembenahan strategi pembelajaran seperti penggunaan media digital, pola penilaian praktikal, dan efisiensi materi kurikulum dengan asas prioritas. Disamping itu, urgen pula peran pengawasan masyarakat bersama aparat setempat dengan penyusunan aturan.
Kata kunci:Dilema, Metodologi, Pendidikan Islam , Pandemi
Publication Details
JournalKOCENIN Serial Konferensi
Pages2.10.1-2.10.7
ISSN2746-7112
Item ID1494
Deposited10 Jun 2022 08:39