Journal Article
Published
Meningkatkan Adversity Quotient Mahasiswa Melalui Experiential Learning (Bidang Studi Kewirausahaan)
Abstract
Abstrak: Salah satu aspek penunjang keberhasilan seseorang adalah tingkat resilience,
yaitu seberapa mampu seseorang untuk mengontrol diri, memahami situasi, bangkit dari
situasi dan dapat menjadikan situasi sulit menjadi peluang keberhasilan. Hal ini
dinamakan Adversity Quotient. Dalam pendidikan Adversity Quotient dapat menunjang
keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran, khususnya pada bidang
kewirausahaan. Seorang wirausaha memerlukan keterampilan untuk terjun dalam
pengalaman langsung, sehingga setiap kendala yang ditemui dapat secara nyata
diselesaikan. Metode pembelajaran yang sesuai adalah Experiential Learning. Seseorang
yang memiliki adversity quotient tinggi akan gigih dan tanpa menyerah menyelesaikan
tahap demi tahap yang ada pada experiential learning, sehingga menjadikan mereka
pribadi yang dapat melihat masalah dari berbagai sisi serta menjadikan pengalaman
menjadi pembelajaran berharga. Experiential learning melalui empat tahapannya, yaitu
concrete experience, reflective observation, abstract conceptualization dan active
experimentation akan mengaktifkan unsur-unsur yang terdapat dalam adversity quotient
(control, originownership, reach dan endurance).
Publication Details
JournalMeningkatkan Adversity Quotient Mahasiswa Melalui Experiential Learning (Bidang Studi Kewirausahaan)
Volume01 (01)
Pagespp. 32-39
ISSNE-ISSN: 2808-3679
Item ID1591
Deposited16 Aug 2022 04:05