Thesis
Published
SOCIAL VALUES INSTRUMENT AS ISLAMIC MONEY DEMAND FUNCTION: EVIDENCE FROM MUZAKKI IN INDONESIA
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk membuktikan bahwa Instrumen dalam
Ekonomi Islam, zakat, infaq, shadaqah, dan waqf sebagai Fungsi dari Permintaan
Uang dalam Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui instrument
social values sebagai fungsi permintaan uang bagi umat Islam. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan
metode kuesioner atau angket yang disebarkan pada responden dari 200 Muzakki
di Indonesia. Data dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM).
Analisis SEM menunjukkan perkiraan keterkaitan konstruksi utama dalam sebuah
data. Hasil yang diperoleh dari data set menujukkan hubungan dan pengaruh
antara permintaan uang dan nilai sosial atau social values. Hasil dari penelitian
ini adalah social values atau memiliki pengaruh signifikan terhadap permintaan
uang muzakki di Indonesia. Karena dari berbagai element ekonomi Islam tidak
hanya membantu meminimalkan ketidakstabilan dalam permintaan uang namun
dapat juga mempengaruhi komponen-komponen selain permintaan uang dengan
cara meningkatkan efisiensi dan keadilan yang lebih besar dalam hal penggunaan
uang, maka Islamic social values memiliki tingkat dan hubungan yang signifikan
dengan permintaan uang.
Publication Details
InstitutionUniversitas Darussalam Gontor
DepartmentFakultas Ekonomi dan Manajemen
Item ID2203
Deposited26 Mar 2023 02:52