Jayanti, Dwi (2019) تنفيذ األنشطة الكشفية يف تكوين الشخصية القيادية لطالبات الفصل اخلامس مبعهد دارالسالم كونتور للبنات احلرم الثالث للرتبية اإلسالمية احلديثة العام الدراسي 1439-1440 ه. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (87kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (210kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (77kB) |
|
FILE TEXT (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (223kB) |
|
FILE TEXT (BAB 2)
BAB2.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (222kB) |
|
FILE TEXT (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (165kB) |
|
FILE TEXT (BAB 4)
BAB4.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (374kB) |
|
FILE TEXT (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (211kB) |
|
FILE TEXT (REFERENSI)
REF.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (214kB) |
Abstract
Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 3, dengan adanya kegiatan tersebut dapat menciptakan beberapa karakter, salah satunya adalah karakter kepemipinan yang wajib diaplikasikan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Kelas 5 KMI merupakan pembina yang mengatur proses berjalannya kegiatan pramuka. Namun pada kenyataannya melihat kebranian dan kepemimpinan mereka yang sangat menurun maka harus ada tindakan dari Pembimbing Majlis Koordinator Harian untuk mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan kepramukaan untuk meningkatkan karakter kepemimpinan santriwati khususnya kelas 5. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi kegiatan-kegiatan gerakan latihan pramuka dalam pembentukan karakter kepemimpinan untuk kelas 5, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi kegiatan latihan pramuka dalam pembentukan karakter kepemimpinan untuk kelas 5. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini, peneliti menggunakan 3 metode yaitu: metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi 3 langkah: 1) Pengumpulan Data 2) Penyajian Data 3) Kesimpulan. Hasil analisis yang ditemukan oleh peneliti menunjukkan bahwa: 1. Dengan adanya kegiatan-kegiatan latihan pramuka seperti latihan pramuka di hari Kamis, perkemahan Akbar dan upacara dapat menambah keberaniaan kelas 5 dalam karakter kepemimpinan, kedisiplinan serta tanggung jawab pada setiap acara. 2. Salah satu faktor pendukungnya yaitu banyaknya para adika yang sangat semangat dalam mengikuti kegiatan pramuka ini dan faktor penghambatnya yaitu karena latihan pramuka diadakan di hari Kamis siang, maka banyak dari adika yang lelah karena padatnya kegiatan ekstrakulikuler pada hari Kamis. Dari tersebut penelitian memberi saran kepada Majlis Pembimbing Koordinatar Harian untuk lebih mendorong dan memotivasi seluruh pembina gugus depan yaitu kelas 5 agar menjalankan kewajibannya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menyempurnakan dan meneliti lebih mendalam.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | febriana maghfiroh |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:20 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:20 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2323 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |