Romadhona, Nurlaili (2019) الفكرة التربوية عند حسن لانجكولونج. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
1. COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (141kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (156kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (76kB) |
|
FILE TEXT (BAB I)
4. BAB I.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (244kB) |
|
FILE TEXT (BAB II)
5. BAB II.pdf Exclusive to Repository staff only Download (350kB) |
|
FILE TEXT (BAB III)
6. BAB III.pdf Exclusive to Repository staff only Download (324kB) |
|
FILE TEXT (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Exclusive to Repository staff only Download (84kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Exclusive to Repository staff only Download (189kB) |
Abstract
Pendidikan adalah upaya menyampaikan nilai, yang nantinya akan menjadi pegangan dan penuntun umat manusia dalam menjalani kehidupan sekaligus memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, kehidupan sosial pun ikut mengalami perubahan yang sama pesatnya sehingga masyarakat dituntut dalam kelenturan berfikir, daya suai intelektual yang besar sehingga memiliki keterbukaan dalam cara hidup dan memiliki kemampuan berfikir yang kritis. Dengan melihat hal ini, peneliti mencoba untuk memaparkan salah satu tokoh pendidikan yang banyak menyumbangkan pemikirannya dalam dunia pendidikan yaitu Hasan Langgulung. Pemikirannya bisa menjadi rujukan untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia terutama dan menjadi acuan bagi guru-guru dalam melakukan pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Hasan Langgulung dalam pendidikan, sehingga dapat menjadi bahan acuan dalam melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar siswa sekolah dan perbaikan pendidikan, mulai dari kurikulum, tujuan pendidikan, metode yang digunakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung dan lain-lain yang berkenaan dengan pendidikan. Dalam pembahasan ini, peneliti menggunakan penelitian kepustakaan, dan teknik dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi sedangkan teknik analisa data adalah metode deskriptif untuk mengumpulkan dan menyusun data mengenai Hasan Langgulung mulai dari latar belakang hidupnya, pendidikannya, karya-karyanya dan pemikirannya tentang pendidikan. Secara garis besar, pengertian pendidikan menurut Hasan Langgulung adalah proses untuk mengubah dan memindahkan nilai-nilai kebudayaan kepada setiap individu masyarakat melalui berbagai proses. Proses pemindahan tersebut adalah pengajaran, latihan dan indoktrinasi. Sedangkan tujuan pokok yang ingin dicapai adalah pembentukan insan shaleh dan masyarakat shaleh. Kurikulum menurut Hasan Langgulung adalah sejumlah pengalaman yang didapat baik didalam kelas maupun diluar kelas bermaksud untuk menolong perkembangan secara menyeluruh dan merubah tingkah laku mereka sesuai tujuan pendidikan. Pendidikan bukanlah sekedar pengajaran pengetahuan dan kemahiran berfikir dan teknik, tetapi pada waktu yang sama pendidikan adalah proses pengembangan sosial, pengembangan ekonomi, pemikiran intelektual, emosi dan akhlaq, berfungsi menyiapkan individu agar memberi sumbangan efektif dalam kehidupan sosial dari berbagai segi yakni menyiapkan produksi materi. Pada akhirnya, dari kajian yang relatif singkat ini, tentunya membutuhkan analisa yang lebih mendalam lagi. Maka dari itu, penulis berharap akan ada kajian yang lebih lengkap dan mendalam tentang pemikiran kependidikan Hasan Langgulung.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 - Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ernis wati |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 04:11 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 04:11 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2440 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |