Nadia, Risky (2019) محاولات مجلس رعاية الطلبة في غرس روح الاعتماد على النفس لطالبات الفصل الخامس بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دارالسلام كونتور للتربية الإسلامية الحديثة للبنات الحرم الأول العام الدراسي: ١٤٣٩ - ١٤٤٠ هـ / ۲۰۱۸- ۲۰۱۹ م. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
1. COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (186kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (182kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (188kB) |
|
FILE TEXT (BAB I)
4. BAB I.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (192kB) |
|
FILE TEXT (BAB II)
5. BAB II.pdf Exclusive to Repository staff only Download (245kB) |
|
FILE TEXT (BAB III)
6. BAB III.pdf Exclusive to Repository staff only Download (205kB) |
|
FILE TEXT (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Exclusive to Repository staff only Download (310kB) |
|
FILE TEXT (BAB V)
8. BAB V.pdf Exclusive to Repository staff only Download (89kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Exclusive to Repository staff only Download (232kB) |
Abstract
Fenomena yang terlihat di kehidupan sekitar kita banyak ditemukan remaja yang menggantungkan kehidupannya kepada orang tuanya atau kepada orang lain. Hal tersebut disebabkan ia melihat, apa yang ia lakukan tidak menjadi sebuah kesalahan, sehingga berdampak pada kehidupannya kelak. Kemandirian merupakan salah satu pendidikan karakter yang penting untuk seseorang, seorang anak yang terdidik dangan pribadi yang mandiri akan mampu memecahkan masalah yang akan di hadapi. Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 merupakan salah satu pusat pembentukan Karakter. Ia memiliki berbagai macam upaya baik perbaikan maupun peningkatan akhlak dan adab santriwati. Pondok memiliki lima panca jiwa yaitu: keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah islamiyah, dan kebebasan. Panca jiwa telah menjadi filsafat hidup pondok modern Gontor. Gontor juga membentuk bagian pengasuhan sebagai landasan dalam menyusun berbagai kegiatan dan penugasan sejak awal tahun sampai awal tahun. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya pengasuhan santriwati dalam menanamkan nilai kemandirian terhadap santriwati kelas lima di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung pengasuhan santriwati dalam menanamkan nilai kemandirian di Pondok Modem Darussalam Gontor Putri Kampus 1. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat pengasuhan santriwati dalam menanamkan nilai kemandirian di Pondok Modem Darussalam Gontor Putri Kampus 1. Penelitian ini bersifat Deskriptif Kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) teknik observasi, untuk memantau pelaksanaan dan langkah tentang upaya pengasuhan santri dalam menanamkan nilai kemandirian, 2) wawancara, untuk menanyakan tentang beberapa faktor pendukung dan penghambat upaya pengasuhan santri dalam menanamkan nilai kemandirian, 3) teknik dokumenter, untuk mendapatkan data-data terkait sekolah dan gambaran tentang Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang mencangkup tiga langkah yaitu deskriptif, analisis dan intisari. Dari penilitian ini, ditemukan hasil sebagai berikut: 1) Upaya-upaya pengasuhan santriwati dalam menanamkan nilai kemandirian terhadap santriwati kelas lima di Pondok Modem Darussalam Gontor Putri Kampus 1 :(a) memberikan tugas laporan kepada setiap bagian, (b) mengadakan pelatihan keorganisasian, (c) mengadakan pelatihan psikologi (d) Memberikan tugas kepada kelas lima. 2) Faktor pendukung pengasuhan santriwati dalam menanamkan nilai kemandirian di Pondok Modem Darussalam Gontor Putri Kampus 1, (a) kesadaran diri, (b) motivasi dan dukungan dari semua pihak. 3) Faktor pendukung dan penghambat pengasuhan santriwati dalam menanamkan nilai kemandirian di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 1, (a) latar belakang keluarga, (b) lingkungan rayon dan lingkungan kelas, (c) keadaan teman sebaya. Pada akhimya, penulis menyarankan kepada bagian pengasuhan agar memahami betul tentang pekerjaannya sebagai guru dan perhatiannya dalam pembentukan karakter santriwati, mengemban amanah dengan ikhlas agar menjadi jariyah sholihah kelak, dan terus memperhatikan dalam pembentukan karakter siswa, serta memberikan bimbingan dan motivasi dalam pengarahan dalam setiap penugasan serta kegiatan yang diadakan.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ernis wati |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 04:11 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 04:11 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2443 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |