Abdurrafi', Ahmad (2019) THE INFLUENCE OF SHARIA SERVICE SYSTEM AGAINST CONSUMER SATISFACTION IN HOTEL SOFYAN CUT MEUTIA JAKARTA. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
1. COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (323kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (178kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (110kB) |
|
FILE TEXT (BAB I)
4. BAB I.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (187kB) |
|
FILE TEXT (BAB II)
5. BAB II.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (350kB) |
|
FILE TEXT (BAB III)
6. BAB III.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (227kB) |
|
FILE TEXT (BAB IV)
7. BAB IV.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (1MB) |
|
FILE TEXT (BAB V)
8. BAB V.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (134kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (153kB) |
Abstract
Saat ini Indonesia sedang mengalami krisis moral dan ekonomi, kerap kali diberitakan di media massa tentang adanya penggerebekan terhadap pengunjung hotel yang bukan suami istri, ada yang mabuk-mabukan, perselingkuhan, dan sebagainya. Sampai menimbulkan keresahan dan ketidaknyamanan masyarakat akan keberadaan hotel yang sering dijadikan tempat bermaksiat, sehingga mendorong para pelaku bisnis perhotelan untuk membuat konsep hotel yang bernuansa aman, nyaman serta terjamin kehalalannya. Melihat besarnya potensi umat musim di indonesia seharusnya mampu memberikan prihatin terhadap maraknya jumlah hotel yang tidak sesuai dengan syariat Islam, dengan mendirikan berbagai usaha perhotelan dengan berlandaskan sistem syariah Islam. Selain itu, dengan hadimya hotel syariah dalam industri perhotelan telah menjadi tren baru bisnis akomodasi di beberapa daerah, serta menjadi sarana dakwah Islam dalam menangani masalah yang di timbulkan. Maka dengan hadirnya hotel berbasis syari'ah, diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi saat ini. Seperti halnya hotel syariah yang telah hadir di Ibukota, yaitu Hotel Sofyan, yang merupakan hotel yang pada tahun 2002, telah berhijrah dari sistem perhotelan konvensional menjadi syariah. Tujuan Penelitian ini adalah Mengetahui Bagaimana Sistem Pelayanan Syariah di Hotel Sofyan Jakarta dan untuk Mengetahui Pengaruh Sistem Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Sofyan. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, sedangkan alat pengambilan data kuantitatif, peneliti menggunakan metode angket. Selain itu, dalam menentukan narasumber, peneliti menggunakan metode random sampling. Adapun dalam menganalisa data peneliti menggunakan metode statistic inferemsial. Hasil penelitian, berdasarkan hasil analisa kuantitatif melalui regresi berganda, yaitu sebagai berikut: hasil uji t untuk variabel X (Sistem Pelayanan), menghasilkan Standarized Coefisients sebesar 0,566 dengan signifikan sebesar 0,000 karena signifikan < 0,05 maka dinyatakan bahwa system pelayanan berpengaruh signifikan dalam kepuasan konsumen. Dari tujuan penelitian tersebut, Peneliti berharap agar penelitian ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi rujukan untuk penelitian selanjutnya, menjadi contoh system pelayanan yang baik untuk hotel syariah ataupun hotel konvensional lainnya. Dan bermanfaat bagi isntitusi yang bersangkutan agar lebih baik lagi dalam mengembangkan pelayanan syariah terhadap konsumen.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.300 - Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam |
Depositing User: | ernis wati |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 03:34 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 03:34 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2483 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |