Ravi Ilhabad, Muhammad (2019) عالقة الدعم اإلجتماعي للوالدين على إجناز التعلم ملواد الرتبية اإلسالمية لطالب املدرسة الثانوية 1 جيتس فونوروكو العام الدراسي 2018/2019. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (252kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (190kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (83kB) |
|
FILE TEXT (BAB 1)
BAB1.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (219kB) |
|
FILE TEXT (BAB 2)
BAB2.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (223kB) |
|
FILE TEXT (BAB 3)
BAB3.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (294kB) |
|
FILE TEXT (BAB 4)
BAB4.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (379kB) |
|
FILE TEXT (BAB 5)
BAB5.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (192kB) |
|
FILE TEXT (REFERENSI)
REF.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (216kB) |
Abstract
Prestasi belajar yang menjadi sebuah indikator berhasil atau tidaknya sebauh pendidikan, ternyata mempunyai banyak faktor di dalamnya, salah satu yang paling ada hubungannya adalah dukungan sosial orangtua. Hal tersebut yang menjadikan mereka banyak berprestasi dalam belajar terutama dalam pelajaran pendidikan agama Islam. Dukungan sosial orangtua, yang seperti: kasih sayang atau kelekatan, integrasi sosial, penghargaan atau pengakuan, ikatan atau hubungan yang dapat diandalkan, bimbingan dan kemungkinan dibantu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dukungan sosial orangtua pada siswa SMPN 1 Jetis Ponorogo, (2) mendeskripsikan prestasi belajar pada siswa SMPN 1 Jetis Ponorogo, dan (3) menjelaskan hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar PAI pada siswa SMPN 1 Jetis Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Populasi berjumlah 756 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 249 siswa. Data dukungan sosial orangtua diperoleh dari skala dukungan sosial orangtua dan prestasi belajar PAI dari nilai raport siswa ujian akhir semester. Kedua data dianalisis secara deskriptif dan uji hubungan menggunakan uji (Kendall-Tau). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat dukungan sosial orangtua berada dalam kategori sedang sampai tinggi (rata-rata nilai sebesar 40,60 dengan standar deviasi 3,302). 2) adapun prestasi belajar PAI siswa menunjukkan tingkat cukup sampai baik sekali (rata-rata nilai sebesar 77,16 dengan standar deviasi 4,326). 3) hasil uji Kendall-Tau nilai signifikansinya 0,014 (lebih kecil dari 0,05), hal ini menunjukkan adanya hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan prestasi belajar PAI siswa SMPN 1 Jetis Ponorogo. Melihat dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran, sebagai berikut: 1) Kepala sekolah dan guru-guru pengajar pelajaran pendidikan agama Islam:
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | febriana maghfiroh |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:25 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:25 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2616 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |