Ainul Zamarkasi, Ainul (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU UNTUK BERPARTISIPASI DI ISLAMIC PEER TO PEER FINANCING PLATFORM. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.
FILE TEXT (COVER)
1 COVER.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (159kB) |
|
FILE TEXT (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (907kB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR ISI)
3 DASI.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (802kB) |
|
FILE TEXT (BAB I)
4 BAB I.pdf - Published Version License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
FILE TEXT (BAB II)
5 BAB II.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (6MB) |
|
FILE TEXT (BAB III)
6 BAB III.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (6MB) |
|
FILE TEXT (BAB IV)
7 BAB IV.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (10MB) |
|
FILE TEXT (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAPUS.pdf - Published Version Exclusive to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Islamic Peer to Peer Financing merupakan inovasi teknologi dibidang jasa keuangan islam (FinTech Syariah). Islamic Peer to Peer Financing sendiri merupakan alternative bagi para muslim untuk menggunakan jasa ini dibandingkan jasa keuangan peer to peer lending konvensional. Dikonfirmasi jumlah Peer to Peer Syariah di Indonesia masih rendah, angkanya masih 5% dari total peer to peer yang ada. Ini menunjukan partisipasimuslimdalam menggunakan jasa keuangan yang halal masih rendah, padahal muslim sendiri dituntut untuk mengkonsumsi hal-hal yang halal termasuk menggunakan jasa keuangan yang halal. Maka penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor perilaku apa saja yang menjadi faktor pengaruh untuk berpartisipasi dalam menggunakan jasa Islamic peer-to- peer financing. Analisa perilaku ini menggunakan model Decomposed Theory of Planned Behavior. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebar ke para pengguna platforms peer to peer syariah terbesar yaitu, ethis.co.id, ammana.id, alamisharia.id, danasyariah.id dan juga qazwa. id.hasilnya terkumpul sejumlah 112 responden yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis structural equation modeling(SEM) dengan bantuan aplikasi SPSS dan AMOS. Hasil dari penelitian ini menemukan faktor langsung yang berpengaruh signifikan terhadap partisipasi adalah niat, pengaruhnya sebesar 0,000 p <0,001.faktor yang berpengaruh terhadap niat adalah attitude dan perceived behavior control, pengaruhnya sebesar 0,018 p <0,05. Untuk variable yang mempengaruhi attitude adalah perceived ease of use, pengaruhnya sebesar 0,000 p<0,001.sedangkan faktor yang berpengaruh terhadap perceived behavior control adalah self-efficacy, pengaruhnya sebesar 0,000 p<0,001. Variable lainnya dokonfirmasi secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap variable partisipasi adalah subjective norms, perceived usefulness, perceived dan facilitating condition. Keterbatasan dalam penelitian ini, penelitian ini masih dilakukan pada perusahaan-perusahaan Islamic peer to peer yang berada di Indonesia, belum melakukan penelitian pada Islamic peer to peer diluar Indonesia. Harapannya, penelitian selanjutnya dapat meneliti Islamic peer to peer di luar Indonesia.
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 2X6 - Masyarakat, Politik, Ekonomi, Organisasi, Kebudayaan, Perpustakaan, dan Adat Istiadat dalam Islam > 2X6.300 - Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Ekonomi Islam |
Depositing User: | Hannan Jaldy |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:24 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:24 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2621 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |