Search for collections on UNIDA Gontor Repository

طريقة تكوين الرتبية الشخصية املنضبطة لطالب الفصل السادس مبعهد دارالسالم كونتور للرتبية اإلسالمية احلديثة فونوروكو إندونيسيا العام الدراسي 2018 -2019

Muammar, Muammar (2019) طريقة تكوين الرتبية الشخصية املنضبطة لطالب الفصل السادس مبعهد دارالسالم كونتور للرتبية اإلسالمية احلديثة فونوروكو إندونيسيا العام الدراسي 2018 -2019. S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (COVER)
COVER.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (119kB)
[img] FILE TEXT (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] FILE TEXT (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (79kB)
[img] FILE TEXT (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] FILE TEXT (BAB 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (349kB)
[img] FILE TEXT (BAB 3)
BAB3.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (168kB)
[img] FILE TEXT (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (322kB)
[img] FILE TEXT (BAB 5)
BAB5.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (64kB)
[img] FILE TEXT (REFERENSI)
REF.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor atau sering disebut Gontor adalah salah satu lembaga pendidikan pesantren yang tersebar di Indonesia. Pondok Modern Darussalam Gontor adalah salah satu pesantren yang memiliki peran penting dalam perkembangan pendidikan dan pengajaran di Indonesia bahkan di asia tenggara. Pesantren adalah lembaga pendidikan yang berasal dari, dikelola oleh, dan berkiprah untuk masyarakat. Dalam konteks Pondok Modern Darussalam Gontor lebih jauh berarti bahwa proses pendidikan melibatkan para santri sebagai subjek bukan objek dari pendidikan. Mereka mendidik diri mereka sendiri melalui berbagai aktifitas, kreatifitas, dan interaksi sosial yang sangat penting artinya bagi pembinaan jiwa dan karakter mereka. Proses yang sedemikian ini sengaja ditempuh karena pendidikan pesantren berorientasi kemasyarakatan, dimana dengan lingkungan pendidikan yang demikian para santri dipersiapkan untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki jiwa mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Metode pembentukan pendidikan karakter siswa kelas 6 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. 2) Pelaksanaan pembentukan pendidikan karakter siswa kelas 6 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. 3) Permasalahan atau problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembentukan pendidikan karakter siswa kelas 6 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan data yang diperlukan peneliti menggunakan tiga metode yaitu sebagai berikut: 1) Metode wawancara, metode ini digunakan untuk mendapatkan data tentang metode pembentukan dan pelaksanaan pendidikan karakter siswa kelas 6 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. 2) Metode observasi (pengamatan), metode ini digunakan untuk mendapat data tentang permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembentukan pendidikan karakter siswa kelas 6 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. 3) Metode dokumentasi, adapun metode ini digunakan untuk mendapatkan data-data tentang aspek historis tentang Pondok Modern Darussalam Gontor dan data-data yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan analisis data menggunakan Miles dan Huberman: yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, display/penyajian, kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Metode pendidikan karakter siswa kelas 6 KMI adalah: keteladanan, penciptaan lingkungan, pengarahan, pembiasaan, penugasan. Dan juga di dalamnya terdapat Panca Jiwa, yaitu: keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah islamiyah, dan kebebasan. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter siswa kelas 6 KMI yaitu: totalitas kehidupan, totalitas kontrol, dan membiasakan siswa berdisiplin dalam kesehariannya. 3) Permasalahan atau problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pembentukan pendidikan karakter siswa kelas 6 KMI yaitu: jumlah siswa yang terlalu banyak, sebagian siswa yang tidak mengetahui pentingnya disiplin dan sebagian siswa yang sulit untuk dinasehati dan diperingatkan ketika bersalah.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: febriana maghfiroh
Date Deposited: 06 May 2023 02:14
Last Modified: 05 Jun 2023 02:14
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2643

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item