Journal Article
Published
Implementasi Pembelajaran Materi PAI di Homeschooling Kak Seto Surakarta
Abstract
Pola pembelajaran akademik, kurangnya kreativitas anak, kurikulum yang tidak sesuai, dan
metode pembelajaran yang tidak inovatif adalah beberapa masalah yang melanda sekolah
formal. Karena banyaknya permasalahan yang muncul di sekolah formal, kebanyakan orang tua
menyekolahkan anaknya ke lembaga pendidikan nonformal. Tulisan ini membahas tentang
pelaksanaan pendidikan agama Islam di homeschool Kak Seto Surakarta Solo dan motivasi
keluarga menyelesaikan pendidikan di sana. Pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian
kualitatif ini. Pakar memperoleh persepsi subjek selama wawancara yang dilakukan tanpa
kehadiran pencipta, serta informasi dokumentasi dari organisasi, sebagai sumber data
penelitian. Langkah pertama dalam analisis data adalah pengumpulan data, yang dilanjutkan
dengan penyajian data untuk penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian ini, lembaga
pendidikan homeschooler menerapkan materi pembelajaran PAI dalam dua sesi. Baik
pembelajaran di kelas maupun praktik di luar akan menjadi bagian dari sesi ini. Setiap siswa
memiliki berbagai masalah masa lalu yang memaksa mereka untuk membuat penyesuaian
pembelajaran yang signifikan t materi PAI dibagi menjadi berbagai kelas. Orang tua memilih
homeschooling ini untuk pendidikan anaknya karena berbagai alasan, antara lain bullying,
broken home, pekerjaan orang tua yang sering berpindah-pindah, dan anak berkebutuhan
khusus.
Publication Details
JournalImplementasi Pembelajaran Materi PAI di Homeschooling Kak Seto Surakarta
Volume7 (2)
Pagespp. 142-159
ISSN2597-6656
Item ID2674
Deposited08 May 2023 02:35