Journal Article
Published
Implementasi Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menghafal Al-Qur’an
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Fokus penelitian pada tiga hal yakni implementasi, kendala, dan capaian pembelajaran. Penelitian ini
meneliti penggunaan metode Yanbu’a di SMP Techno Insan Kamil Tuban Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualiatif dengan pendekatan studi naratif. Perolehan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data terdiri dari dua yakni informan penelitian, yang memuat guru dan siswa, dan kepustakaan yang mencakup dokumen capaian belajar siswa, dan buku serta jurnal penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode
ini memanfaatkan jilid berjenjang dari jilid satu hingga jilid tujuh, dan dipelajari dengan dua cara yakni visualisasi klasik dan jilid klasik, dan dengan menggabungkan dua jam instruksi mingguan. Kendala yang dihadapi dalam peerapan metode ini perbedan kemampuan siswa, kurangnya dukungan orang
tua, sulitnya guru memahami dan menyampaikan materi gharib jilid enam. Capaian pembelajaran tampak pad respon positif siswa terhadap metode tersebut, dan terbukti 85 % siswa mampu membaca Al-Qur’an sekaligus menulis dan menghafalnya.
Publication Details
JournalImplementasi Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menghafal Al-Qur’an
Volume3 (2)
Pagespp. 141-167
ISSN2723-388X
Item ID2678
Deposited08 May 2023 02:48