Search for collections on UNIDA Gontor Repository

Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di MMA Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan

Syarifah, Syarifah (2023) Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di MMA Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di MMA Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan, 6 (1). pp. 199-213. ISSN 2614-4905

[img] FILE TEXT (Jurnal)
Jurnal Al-Afkar_20 Jan 23.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (Plagiarism)
Plagiarism.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pesantren selalu dipandang kuno, terbelakang, tidak terorganisir, dan terputus dari dunia luar. Pembahasan kali ini berupaya mengungkapkan tentang bagaimana Pembelajaran khususnya di pesantren salaf yang mana dalam kesehariannya meski masih menggunakan referensi kitab kuning namun sistem pendidikan dan metode yang digunakan sudah mengikuti perkembangan zaman. Madrasah Mu’allimin Mu’allimat Sunan Drajat merupakan salah satu Organisasi di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat, berorientasi pada “Tafaqquh Fid-din”, dan menggunakan sistem klasikal. Lembaga ini masih eksis menggunakan kitab kuning sebagai bahan rujukan pembelajaranya, meski bersistem Madrasah, pembahasan ini mengungkap bagaimana proses pembelajaran kitab kuning disana, apakah metode yang khas ala pesantren tradisional atau juga memakai metode modern. Penelitian ini juga mengungkapkan Integrasi metode dan Kurikulum pembelajaran kitab kuning di Madrasah Mu'allimin Mu'allimat Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Mengumpulkan data, Memaparkan data, dan Menarik Kesimpulan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kitab kuning di Madrasah Mu'allimin Mu'allimat Sunan drajat mengkombinasikan antara metode tradisional yang meliputi metode sorogan, bandongan, pasaran, musyawarah. Dengan metode modern yang meliputi metode modern yang meliputi metode study teks dan metode ceramah. Serta menggunakan metode kolaborasi. (2) integrasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah Mu'allimin Mu'allimat dilaksanakan pagi hari dengan mengikuti kegiatan di Lembaga formal serta sore dan malam hari mengikuti kegiatan yang diatur oleh pondok pesantren. Bentuk pengintegrasia kurikulum yaitu dengan memadukan materi kepesantrenan kedalam materi kemadrasahan, begitupun sebaliknya. Dengan menggunakan sistem klasikal yang di terapkan baik dalam core kurikuler, intra kurikuler, dan ekstra kurikuler.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAK Fakultas Tarbiyah
Date Deposited: 08 May 2023 04:02
Last Modified: 08 May 2023 04:02
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2680

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item