Journal Article
Published
Analisis Penerapan Kebijakan Social Issolation dalam Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Darussalam Gontor
Abstract
Fokus penelitian ini adalah tentang kebijakan pelaksanan pendidikan pada Universitas Darussalam Gontor secara tatap
muka pada masa pandemic covid-19 dengan memanfaatkan kebijakan Isolasi Sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk;
(1) Mengetahui kebijakan pendidikan di UNIDA pada masa Pandemi COVID-19. (2) Mengetahui analisis SWOT
terhadap kebijakan pada masa Pandemi COVID-19 di UNIDA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Novelty pada penelitian ini adalah ulasan analisa terkait kebijakan pelaksanaan kegiatan tatap
muka selama Pandemi di Universitas Darussalam Gontor. Teknik pengumpulan data dan analisis data yang digunakan
adalah Triangulasi Milles and Hubermen. Hasil dari peneltian menunjukan bahwa (1) Penerapan kebijakan Isolasi social
pada Universitas Darussalam Gontor merupakan keputusan dalam rangka menjaga keberlangsungan pendidikan pada
universitas pesantren, dikarenakan aspek pendidikan pada UNIDA Gontor bukan hanya terletak pada pembelajaran mata
kuliah dalam kelas, akan tetapi juga harus dilakukan pendidikan persuasif model pesantren demi mendukung tercapainya
visi, misi, dan tujuan pendidikan di Unida Gontor. (2) Pelaksanaan isolasi social tidak terlepas dari kekurangan dan
kelebihan dalam pelaksanannya, maka dilakukanlah analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari
kebijakan tersebut. Serta peluang dan ancaman yang akan muncul dari pelaksanaannya
Publication Details
JournalAnalisis Penerapan Kebijakan Social Issolation dalam Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Darussalam Gontor
Volume4 (4)
Pagespp. 5053-5061
ISSN2615-6997
Item ID2684
Deposited14 May 2023 07:28