Search for collections on UNIDA Gontor Repository

تحليل القيمة المدركة والتفضيلات على اتخاذ قرارات أولياء الطلاب في اختيار خدمات التعليم الإسلامي (دراسة حالة في المدرسة الابتدائية الإسلامية المتكاملة قرة أعين فونوروكو)

Nurfajrulloh Ash-Shiddiq Giriwardoyo, M. (2020) تحليل القيمة المدركة والتفضيلات على اتخاذ قرارات أولياء الطلاب في اختيار خدمات التعليم الإسلامي (دراسة حالة في المدرسة الابتدائية الإسلامية المتكاملة قرة أعين فونوروكو). S1 Undergraduate thesis, Universitas Darussalam Gontor.

[img] FILE TEXT (COVER)
COVER.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (169kB)
[img] FILE TEXT (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] FILE TEXT (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (126kB)
[img] FILE TEXT (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] FILE TEXT (BAB 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (314kB)
[img] FILE TEXT (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (321kB)
[img] FILE TEXT (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (367kB)
[img] FILE TEXT (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (137kB)
[img] FILE TEXT (REFERENSI)
REFERENSI.pdf - Published Version
Exclusive to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

Penerapan pendidikan di Indonesia banyak terfokus pada pengetahunan umum namun pendidikan agama dan akhlak sering diabaikan, sehingga menjadikan murid pintar namun kurang berakhlak. Hal tersebut mendorong wali murid untuk memilih lembaga pendidikan yang baik dan untuk anaknya. Dalam proses pengambilan keputusan wali murid terdapat faktor-faktor yang mungkin mempengaruhinya, diduga persepsi nilai dan preferensi berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan wali murid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi nilai dan preferensi terhadap keputusan wali murid menggunakan jasa pendidikan formal untuk anaknya di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dan metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik random sampling dengan jumlah responden sebanyak 148 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Data diperoleh melalui responden dengan cara survey berupa angket atau kuesioner serta diukur dengan menggunakan skala likert. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Persepsi nilai (X1) memiliki koefisien regresi sebesar 0,234 dengan nilai signifikan 0,040. Hal ini menunjukkan bahwa variabel persepsi nilai berpengaruh secara positif terhadap pengambilan keputusan. Variabel preferensi (X2) memiliki koefisien regresi sebesar 0,463 dengan nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa variabel preferensi berpengaruh secara positif terhadap pengambilan keputusan. Secara Simultan variabel persepsi nilai dan preferensi memiliki nilai 48,159 dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti variabel independent berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan wali murid di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Uji regresi liner berganda menunjukkan Y: 7,010 +0,234 X1 +0,463 X2 yang artinya jika nilai persepsi nilai ditingkatkan sebesar 1 satuan, maka pengambilan keputusan akan meningkat sebesar 0,234 satuan. Jika nilai preferensi ditingkatkan sebesar 1 satuan, maka pengambilan keputusan akan meningkat sebesar 0,463. Penelitian ini jauh dari kata sempurna, maka untuk penelitian selanjudnya untuk mengembangkan variabel yang belum diteliti.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor > Manajemen
Depositing User: febriana maghfiroh
Date Deposited: 04 Jun 2023 02:39
Last Modified: 04 Jun 2023 02:39
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2705

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item