subakir, fairuz and Mabruroh, haniatul and khalifah, nur fera (2023) Efektifitas Strategi Project Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Muthola’ah di KMI Nurussalam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 05 (01). pp. 559-567. ISSN 2656-8071
FILE TEXT
efektifitas strategis.pdf Download (658kB) |
|
FILE TEXT
efektifitas strategis.pdf.pdf Download (719kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pengajaran guru di kelas yang masih menggunakan metode pembelajaran tradisional. Kegiatan pembelajaran ini cenderung monoton dan kurang variatif sehingga menciptakan kegiatan belajar yang membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektifitas penggunaan strategi PBL dan seberapa jauh efektifitas penggunaan strategi PBL terhadap hasil belajar Muthola’ah kelas 2 KMI PM Nurussalam. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif-eksperimen, desain penelitian True Experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas 2 santriwati dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 44 santriwati yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampling random. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: terdapat efektifitas strategi pembelajaran PBL terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Muthola’ah santriwati kelas 2 KMI PM Nurussalam. Dibuktikan bahwa Sign. (2-tailed) dari Menn-Whitney Test adalah 0,000, dengan demikian terdapat perbedaan nilai post-test pada mata pelajaran Muthola’ah pada kelompok eksperimen dan kontrol, kelompok eksperimen dengan nilai tinggi 92,73 dan pada kelompok kontrol dengan nilai rendah 53,18. Keefektifan penggunaan strategi PBL adalah tergolong tinggi dengan dibuktikan hasil Menn-Whitney bahwa nilai Asymp.sig (2- tailed) adalah 0.000, sehingga terjadi perbedaan nilai post-test pada materi Muthola’ah pada kelompok eksperimen dengan nilai tinggi 92,73 dan pada nilai kontrol dengan nilai rendah 53, 18. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi PBL dalam pembelajaran Muthalaah di MI Nurussalam telah terbukti efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat efektifitas strategi pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Muthola’ah santriwati kelas 2 KMI Pondok Modern Nurussalam. Hal ini membuktikan kembali bahwa penguasaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru memiliki dampak yang cukup sigmifikan terhadap keberkasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Jika guru dapat memposisikan peran dengan baik maka hasil belajar peserta didik akan semakin baik, begitu pula sebaliknya. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi PBL, Hasil Belajar Muthola’ah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana Magister UNIDA Gontor > Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | PAK Pasca Sarjana PBA S2 |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 03:58 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 03:58 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2767 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |