Journal Article
Published
Efektifitas Strategi Project Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Muthola’ah di KMI Nurussalam
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pengajaran guru di kelas yang masih menggunakan metode pembelajaran tradisional.
Kegiatan pembelajaran ini cenderung monoton dan kurang variatif sehingga menciptakan kegiatan belajar yang
membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektifitas penggunaan strategi PBL dan
seberapa jauh efektifitas penggunaan strategi PBL terhadap hasil belajar Muthola’ah kelas 2 KMI PM Nurussalam.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif-eksperimen, desain penelitian True Experiment. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh kelas 2 santriwati dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 44 santriwati yang dibagi
menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampling random. Dari penelitian ini
disimpulkan bahwa: terdapat efektifitas strategi pembelajaran PBL terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Muthola’ah
santriwati kelas 2 KMI PM Nurussalam. Dibuktikan bahwa Sign. (2-tailed) dari Menn-Whitney Test adalah 0,000, dengan
demikian terdapat perbedaan nilai post-test pada mata pelajaran Muthola’ah pada kelompok eksperimen dan kontrol,
kelompok eksperimen dengan nilai tinggi 92,73 dan pada kelompok kontrol dengan nilai rendah 53,18. Keefektifan
penggunaan strategi PBL adalah tergolong tinggi dengan dibuktikan hasil Menn-Whitney bahwa nilai Asymp.sig (2-
tailed) adalah 0.000, sehingga terjadi perbedaan nilai post-test pada materi Muthola’ah pada kelompok eksperimen
dengan nilai tinggi 92,73 dan pada nilai kontrol dengan nilai rendah 53, 18. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan
bahwa penerapan strategi PBL dalam pembelajaran Muthalaah di MI Nurussalam telah terbukti efektif.
Publication Details
JournalEdukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan
Volume05 (01)
Pagespp. 559-567
ISSN2656-8071
KeywordsStrategi PBL, Hasil Belajar Muthola’ah
Item ID2767
Deposited12 Jun 2023 03:58