Search for collections on UNIDA Gontor Repository

العلاقة بين إنجاز مواد التربية الإسلامية في تكوين الشخصية الإسلامية في نفوس طلاب السنة الثانية بمدرسة محمدية الثانوية الأولى بفونوروكو عام الدراسي.

maskuroni, m.imron (2006) العلاقة بين إنجاز مواد التربية الإسلامية في تكوين الشخصية الإسلامية في نفوس طلاب السنة الثانية بمدرسة محمدية الثانوية الأولى بفونوروكو عام الدراسي. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.

[img] FILE TEXT (cover)
1 cover.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (25kB)
[img] FILE TEXT (abstrak)
2 abstrak.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (187kB)
[img] FILE TEXT (daftar isi)
3 daftar isi.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (602kB)
[img] FILE TEXT (bab 1)
4 bab 1.pdf - Published Version
License Creative Commons Attribution.

Download (692kB)
[img] FILE TEXT (bab 2)
5 bab 2.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (bab 3)
6 bab 3.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] FILE TEXT (refrensi)
7 refrensi.pdf
Exclusive to Repository staff only
License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)

Abstract

Tujuan dari pendidikan Islam adalah terbentuknya kepribadian seseorang mcnjadi insan kamil dcngan pola lakwa, lnsan kamil arlinya manusia uluh rohani dan jasmani, dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal karena takwanya kepada Allah SWT. lni mengandung arti bahwa pendidikan Islam itu diharapkan menghasilkan manusia yang berguna bagi dirinya dan masyarakatnya serta senang dan gemar mengamalkan dan mengembangkan ajaran agama Islam . dalam berhubungan kepada Allah dan dengan sesamanya, dapat mengambil manfaat yang semakin meningkat dari alam semesta untuk kepentingan hidup di dunia kini dan akhirat nanti. SMA Muhammadiyah l Ponorogo, merupakan salah satu intitusi pendidikan Islam, di ponorogo. Karena secara de facto sekolah ini merupakan suatu institusi pendidikan yang banyak mengajarkan matcri pendidikan agama Islam dan umum dibanding dengan institusi pendidikan lain (SMUN, SMK) dan yang sederajat. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah terdapat pengaruh antara prestasi pelajaran pendidikan agama Islam di lingkungan sekolah terhadap kepribadian muslim siswa kelas II SMA Muhammadiyah. I Ponorogo tahun ajaran 2005-2006 Penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif dan Populasi penelitian ini adalah semua siswa dan siswi kelas II SMA Muhammadiyah I Ponorogo tahun ajaran 2005-2006, yang berjumlah 252 orang dengan sampel yang diambil 30% yaitu 76 orang yang diambil dari 4 kelas ditentukan dengan tehriik random. Dan tehnik yang digunakan peneliti dalam pengambilan data adalah metode angket, dokumentasi, interview, dan observasi untuk mendapatkan data-data yang berkaitan dengan SMA Muhammadiyah I Ponorogo, dan uji statistik Korelasi Product Moment untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tersebut. Dari hasil statistik dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi pelajaran Pnd.idikan agama Islam dan pembentukan kepribadiaan muslim siswa kelas II SMA Muhammadiyah I Ponorogo tahun 2005-2006 dengan angka indeks korelasi rxy 0,907. (B11ik). Dan setelah angka indek korelasi 0,907 dikonsultasikan dengan table harga kritik korelasi Dengan db (76-2=74) pada taraf signifikansi 5% yakni 0,232 maka berarti angka indek korelasi hasil penelitian lebih besar dari angka indek korelasi pada tebel (0,907 > 0,323) maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan pada hipotesis aktif (Ha) diterima. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru agama, agar meningkatkan kepribadian siswa dari semua hal khususnya terhadap ibadah siswa, dan kepada segenap guru pendidikan agama islam SMU Muhammadiyah l Ponorogo agar menambah dan memperbanyak kegiatan agama siswa kususnya' dalam ibadah dan ahlak, serta memberikan perhatian penuh terhadap siswa yang berkaitan dengan kepribadianya. Bagi peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan hasil penelitian selanjutnya dengan lebih mendalam dan sempurna.

Item Type: Thesis ( S1 Undergraduate )
Subjects: 23rd Dewey Decimal Classification > 2X7 - Filsafat, Dakwah, Pendidikan Agama, Sekolah, Pembaharuan Pemikiran, Pers dan Media Massa Islam > 2X7.300 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Taufiq Riza
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:25
Last Modified: 28 Aug 2023 03:25
URI: http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2903

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics

 View Item View Item