lailah, hikmatul (2008) الكفاءة فى الأعداد غير الترتيبية ومعدوداتها لطالبات السنة الثالثة التكثيفية بكلية المعلمات الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور للبنات الأول للتربية الاسلامية الحديثة بسامبيريجو مانتنجان نجاوی جاوى الشرقية اندونيسيا العام الدراسي: ١٤٢٨-١٤٣٩ هـ. S1 Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.
FILE TEXT
1 cover.pdf Download (35kB) |
|
FILE TEXT
2 abstrak.pdf Download (219kB) |
|
FILE TEXT
3 daftar isi.pdf Download (76kB) |
|
FILE TEXT
4 bab 1.pdf Download (177kB) |
|
FILE TEXT
5 bab 2.pdf Download (1MB) |
|
FILE TEXT
6 bab 3.pdf Download (285kB) |
|
FILE TEXT
7 bab 4.pdf Download (279kB) |
|
FILE TEXT
8 bab 5.pdf Download (92kB) |
|
FILE TEXT
9 refrensi.pdf Download (66kB) |
Abstract
Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur'an dan menjadi salah satu bahasa internasional yang digunakan untuk berkomnikasi antar sesama. Bahasa Arab terdiri dari beberapa cabang ilmu antara lain: Nahwu, Sharaf, Balaghah, Muthalaah, Mufradat, Nusus Adab. Dan lain-lain. Belajar bahasa Arab tidak cukup dengan menghafalkan kosa kata yanag banyak akan tetapi harus memahami cara menggunakan dan membedakannya serta menguasai kaidah bahasa Arab. Pondok Modern Darussalam Gontor, sebagai salah satu institusi terbesar di Indonesia puluhan tahun telah mengedepankan bilingual, bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai dua bahasa yang harus dimiliki oleh santrinya, dan sebagai bahas pengantar didalam penyampaian sejumlah mata pelajaran, menempatkan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar pertama dan bahasa Inggris sebagai sebagai pengantar kedua. Sehingga santri harus mempunyai ketrampilan-ketrampilan bahasa yang meliputi kertampilan mendengarkan, berbahasa (kalam), membaca dan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan A'dad ghoiru At Tartibiyah dan Ma'dud nya santriwati kelas tiga intensif KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 Tahun Ajaran :1428-1429. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan mencari nilai (Deskriptif Kuantitatif). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode Dokumenter untuk memperoleh data santriwati, dan metode tes untuk memperoleh keterangan tentang kemampuan santriwati kelas tiga intensif di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. tahun ajaran: 1428-1429 Hasil tes ini menunjukkan nilai kemampuan santriwati kelas tiga intensif KMI dalam menggunakan A'dad dan Ma'dud yang mempergunakan rumus Mean yaitu kemampuan dalam menjawab so'al tentang Al-A'dad dan Ma'dud dengan nilai rata-rata 6,11 Nilai cukup ini berdasarkan nilai rata-rata santriwati kelas tiga intensif tahun ajaran 1428-1429 dan dari nilai kemampuan A'dad dan ma'dud kelas tiga intensif menunjukkan bahwa (1) A'dad wal Ma'dud adalah pelajaran yang sulit, ( 1) kurang bisa membedakan antar muannas dan mudzakar, (3) kurang bisa mempergunakan A'dad wal Ma'dud ghoiru At-Tartibi dalam suatu kalimat, (4) kurangnya motifasi dari diri sendiri untuk mengerjakan latihan so'al-so'al yang bersangkutan dengan A'dad wal Ma'dud, (5) selalu mengikuti kebiasaan santriwati yang salah dalam bicara tentang A'dad wal Ma'dud, dan (6) kurangnya minat baca yang berhubungan dengan A'dad wal Ma'dud. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan: (1) Pengajar Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 untuk mengadakan ujian khusus bahasa Arab dan dengan mengaktifkan latihan, (2) pengajar untuk selalu mengenalkan pentingnya pemahaman yang baik dalam bahasa Arab dan faedahnya, (3) para santriwati umumnya dan untuk santriwati kelas tiga intensif pada khususnya untuk meningkatkan belajarnya dan untuk meningkatkan bahasanya
Item Type: | Thesis ( S1 Undergraduate ) |
---|---|
Subjects: | 23rd Dewey Decimal Classification > 300 – Ilmu Sosial > 370 - Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Taufiq Riza |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 04:01 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 04:01 |
URI: | http://repo.unida.gontor.ac.id/id/eprint/2918 |
Statistics Downloads of this Document
View Item |