Journal Article
Published
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas dengan Kepercayaan dan Kepuasan Sebagai Variabel Mediator Bank Syariah di Ponorogo
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Ponorogo yang dimediasi oleh kepercayaan dan kepuasan nasabah. Pada masa pandemi covid-19 nasabah banyak yang menarik uangnya di bank syariah maupun bank konvensional. Kebaruan dari penelitian ini berupa kepercayaan dan kepuasan yang dijadikan sebagai variabel mediator antara kualitas layanan dan loyalitas nasabah, penelitian serupa belum pernah dilakukan. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode structural equation modelling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 yang terdiri dari guru pada Pondok Modern Darussalam Gontor kampus 2 Madusari Ponorogo. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif pada kepercayaan dan kepuasan, kepuasan merupakan media antara kualitas layanan dan loyalitas, sedangkan kepercayaan bukan merupakan variabel mediasi antara kualitas layanan dan loyalitas nasabah bank syariah. Penelitian selanjutnya diharpkan meneliti lebih jauh peranan kepuasan nasabah dalam menjaga loyalitas nasabah bank syariah.
Publication Details
JournalEtihad: Journal of Islamic Banking and Finance
Volume1 (1)
Pagespp. 1-11
ISSN2807-730X
Keywordssharia banking, SEM, loyalty, service quality.
Item ID3016
Deposited13 Nov 2023 06:30