Journal Article Published

Dakwah Sebagai Model Komunikasi Gontor TV Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren

Mohammad Luthfi, Luthfi and Ilham Baheramsyah, Ilham
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Gontor TV dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan pesantren. Penelitian dilaksanakan menggunakan studi deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Gontor TV dengan informan pendiri, CEO dan Kepala Bagian Produksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Verifikasi data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Gontor TV dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan pesantren melalui konten-konten dakwah yang tersedia di situs Youtube. Para penyiar Gontor TV adalah para asatidz dan santri yang memiliki keterampilan komunikasi. Media yang digunakan dalam menyampaikan konten dakwah adalah Youtube. Seluruh konten Gontor TV bermuatan dakwah yang dikemas dalam nilai-nilai pendidikan pesantren.Audiens Gontor TV adalah masyarakat Islam, khususnya penggelut bidang dakwah dan pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam kajian ilmu komunikasi khususnya Gontor TV dalam menanamkan nilainilai pendidikan pesantren
Publication Details
JournalSahafa Journal of Islamic Communication (SJIC)
Volume4 (1)
Pagespp. 29-41
ISSNISSN 2622-3449 (Print) and ISSN 2622-4313 (Online)
KeywordsDakwah, Strategi Komunikasi, Gontor TV, Nilai-nilai Pendidikan Pesantren
Item ID3039
Deposited25 Oct 2023 07:07
Actions
Permalink
Statistics

Statistics Downloads of this Document

Downloads per month in the last year

View more statistics